Rabu, 20 November 2019


Pemkot Kebut Persiapan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 161
Pemkot Kebut Persiapan

PANGGUNG PEMBUKAAN – Pemkot Pontianak terus mematangkan lokasi-lokasi pelaksanan STQ Nasional ke 25, satu di antaranya panggung pembukaan STQ di Taman Alun-Alun Kapuas. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyebut persiapan STQ nyaris 100 persen, Senin

PONTIANAK, SP - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, persiapan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke 25 di Kota Pontianak terus dikebut. Dirinya menyampaikan untuk infrastruktur seperti panggung pembukaan di Taman Alun-Alun Kapuas sudah mencapai 95 persen, tinggal finishing (penyelesaian). 

Kemudian, untuk mimbar tilawah di pinggir Taman Alun-Alun Kapuas juga sudah 95 persen. Pelaksanaan STQ Nasional ke 25 itu akan berlangsung mulai 27 Juni hingga 6 Juli. 

Lebih lanjut, untuk bangunan sementara seperti tenda-tenda yang semi permanen juga sedang dikerjakan dan ditargetkan selesai dalam satu dua hari. Untuk infrastruktur keseluruhan ditargetkan selesai pada 27 Juni mendatang.

"Untuk mimbar tilawah yang di Tugu Khatulistiwa juga sama, tinggal uji coba lighting," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat meninjau persiapan infrastruktur STQ Nasional ke 25 di Alun-Alun Kapuas, Senin (24/6).

Edi melanjutkan, untuk bangunan panggung utama di Alun-Alun Kapuas hanya untuk sementara yang dibuat dalam rangkaian kegiatan STQ Nasional ke 25. Namun, bangunan permanen hanya ada dua yakni mimbar tilawah di Tugu Khatulistiwa dan pinggir Alun-Alun Kapuas.

"Kalau kita bikin permanen akan menghalangi Alun-Alun Kapuas, cuma nanti panggung ini akan kita upayakan bertahan sampai peringatan ulang tahun Kota Pontianak," jelasnya.

Habiskan Rp 11 Miliar

Mantan Wakil Wali Kota Pontianak ini juga mengatakan total fisik lima bangunan yang dipergunakan dalam rangkaian STQ Nasional ke 25 seperti di Aula IAIN Pontianak, Masjid Raya Mujahidin, Taman Alun Kapuas dan Tugu Khatulistiwa, Universitas Tanjugpura menghabiskan biaya sekitar Rp 11 miliar yang berasal dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. 

Untuk Pemerintah Kota Pontianak sendiri bertugas melengkapi infrastruktur lainnya yang menjadi wilayah Kota Pontianak seperti Taman Alun-Alun Kapuas, lingkungan Tugu Khatulistiwa dan sarana penunjang lainnya.

Dikatakan bahwa rangkaian kegiatan STQ Nasional ke 25 akan dimulai dengan pawai taaruf, pembukaan pameran dan pembukaan secara resmi serta rangkaian acara lainnya. Peserta STQ Nasional ke 25 direncanakan mulai datang pada hari ini, Senin (24/6).

"Untuk peserta dari Kota Pontianak saat ini sedang di-TC-kan (Training Center) di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat," tutupnya. 

Adapun rincian lima tempat pelaksanaan STQ itu yakni Taman Alun-alun Kapuas sebagai lokasi pembukaan STQ, perlombaam cabang tahfiz golongan tahfiz 1-5 juz dan tilawah putra-putri, serta penutupan.

Masjid Raya Mujahidin untuk pameran dan cabang lomba tahfiz golongan tahfiz 10-20 juz putra-putri.

Tugu Khatulistiwa untuk pusat kegiatan lomba cabang tilawah, golongan anak-anak dan dewasa putra-putri.

Perpustakaan Universitas Tanjungpura, menjadi arena kegiatan lomba cabang tahfiz, golongan tahfiz 30 juz dan tafsir bahasa arab putra-putri.

Aula IAIN Pontianak untuk arena kegiatan lomba cabang tahfiz golongan hafalan hadis 100 dengan sanad dan hafalan hadis tanpa sanad 500 putra-putri. (din/bah)