Minggu, 22 September 2019


Kapendam XII/Tpr : TMMD Dukung Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 313
Kapendam XII/Tpr : TMMD Dukung Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal

Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos. Ia menjelaskan Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahap II Tahun 2019. TMMD kali ini dilaksanakan di tiga wilayah, yaitu Provinsi Kalten

PONTIANAK, SP - Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahap II Tahun 2019. TMMD kali ini dilaksanakan di tiga wilayah, yaitu Provinsi Kalteng di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kodim 1014/Pbn, Korem 102/Pjg.  

Kemudian di Provinsi Kalbar, ada di  Kabupaten Ketapang oleh Kodim 1203/Ktp dan Kabupaten Sintang oleh Kodim 1205/Stg, Korem 121/Abw.  

TMMD Tahap II, mengangkat tema, “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat". TMMD kali ini akan di buka secara serentak di 50 Kota/Kabupaten se-Indonesia pada Rabu, 10 Juli 2019.


Hal ini dikatakan oleh Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., di Kantor Pendam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang No.1, Kubu Raya, Senin (8/7/2019).  

"Pelaksanaan TMMD, sebagai wujud pengabdian TNI bersama rakyat, untuk membantu percepatan pembangunan di daerah tertinggal demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat," ujar Kapendam.  

Lanjut Kapendam, bahwa pada kegiatan TMMD ke-105 melibatkan personel dari TNI AD, TNI AL, TNI AU juga Polri, yang tergabung dalam Satgas TMMD.  

Personel Satgas TMMD ini tinggal di rumah-rumah masyarakat disekitar lokasi TMMD, sehingga antara TNI-Polri dan rakyat benar-benar saling membaur dan dapat mempererat persaudaraan yang sudah terjalin, serta dapat mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kapendam juga menjelaskan, sasaran TMMD ke-105 Tahap II, berupa sasaran fisik dan non fisik.  

Untuk jajaran Korem 121/Abw Kodim 1205/Stg, sasaran fisik yang dikerjakan berupa pemeliharaan dan peningkatan jalan P. 9.450 m, L. 8 m, untuk non fisik melaksanakan penyuluhan, pertanian, Kamtibmas, Narkoba, wawasan kebangsaan, Karhutla dan KB/Kesehatan.  

Sedangkan untuk Kodim 1203/Ktp, sasaran fisiknya, pembangunan jembatan P. 4 m, L 6 m, pelebaran jalan P. 7 km, L. 6 m, perehapan Gereja, pembangunan tribun lapangan bola 6 m x 6 m, pengerukan lapangan bola ukuran 100 m dan pemasangan 5 buah penerangan lampu jalan tenaga surya.  

Sasaran non fisik, Wasbang dan Belneg, Kesehatan lingkungan, Karhutla dan bahaya Narkoba. Selain itu, jajaran Korem 102/Pjg Kodim 1014/Pbn, melaksanakan pemeliharaan badan jalan sepanjang 3.5 km, penggantian atap seng Musholla 1 unit dan pengecetan 2 Gereja. Juga melaksanakan penyuluhan, bahaya Narkoba, Karhutla, pertanian dan KB/kesehatan.

"Saat ini Kodim 1014/Pbn sedang melakukan sasaran tambahan dengan  membangun jembatan kayu yang berukuran P. 8 m dan L. 6 m," ucap Kolonel Inf Aulia.

Melalui kegiatan TMMD, lanjut Kapendam, sangat membantu Pemda dalam upaya mempercepat pembangunan di wilayah. Pada dasarnya TMM adalah sebagai bentuk partisipasi TNI dalam pembangunan di daerah yang berdaya guna, bagi kepentingan pembangunan, peningkatan kesejahteraan maupun, pertahanan dan ketahanan negara.  

"Program pembangunan desa ini tidak berhenti disini saja, diharapkan pemerintah daerah akan melanjutkan ke program pembangunan selanjutnya," pungkasnya. (mul/*)