Minggu, 15 Desember 2019


61 Tahun Pengabdian, Kodam XII/Tpr Selenggarakan Bakti Sosial di Perbatasan

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 181
61 Tahun Pengabdian, Kodam XII/Tpr Selenggarakan Bakti Sosial di Perbatasan

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Herman Asaribab, Gubernur Kalbar,Sutarmidji, Kapolda Kalbar, Irjenpol Didi Haryono, dan Walikota/Bupati se-Kalbar saat di perbatasan Kalbar, beberapa waktu lalu.

PONTIANAK, SP - Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura genar berusia 61 Tahun pada Rabu, 17 Juli 2019. Usia ini dihitung penetapannya sejak adanya Surat Keputusan Kasad Nomor KPTS-185/7/1958, tanggal 17 Juli 1958, tentang Resimen Infanteri 20 Territorium VI/Tanjungpura, yang berubah menjadi Kodam Kalimantan Barat.  

“Pertarutan tersebut lah yang dijadikan dasar oleh Kodam XII/Tpr, dalam memperingati hari jadinya. Tepat pada Rabu, 17 Juli 2019, Kodam XII/Tpr, memasuki usia ke-61 tahun,” ujar Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos. 

Untuk menyemarakan peringatan lahirnya Kodam XII/Tpr, maka digelar lah serangkaian kegiatan. Kapendam menjelaskan, tepat pada hari lahirnya, Kodam XII/Tpr menggelar Bakti Sosial dan Karya Bakti di Kawasan Perbatasan, tepatnya di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.  

“Pada Bakti Sosial kali ini, kita melaksanakan pengobatan massal, pelayanan KB, dan pemberian Sembako. Khusus kepada masyarakat di perbatasan NKRI,” papar Kapendam.  

Sementara itu, lanjut Kolonel Inf Aulia, untuk Karya Bakti Kodam XII/Tpr melaksanakan pembuatan sumur bor dan penampungan air, perehaban TK dan pembangunan Posyandu, yang dilaksanakan terpusat di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.  

Dipilihnya perbatasan sebagai sasaran Bakti Sosial dan Karya Sosial, karena Kodam XII/Tpr pada 61 Tahun pengabdiannya, ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di perbatasan. Selain itu juga untuk memberikan contoh pemerataan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.  

"Genap usianya yang ke-61 tahun ini Kodam XII/Tpr ingin betul-betul mengabdikan dirinya kepada masyarakat Kalbar dan Kalteng," katanya.  

Bakti Sosial di perbatasan, Kodam XII/Tpr melibatkan Gubernur Provinsi. Kalbar dan Kapolda Kalbar beserta jajarannya. Pelibatan unsur TNI, Polri dan Pemerintah Daerah, serta Akademisi dalam kegiatan perayaan HUT ke-61 Kodam XII/Tpr, adalah dalam rangka mewujudkan sinergitas  untuk bersama-sama membantu kesulitan rakyat khususnya di perbatasan.  

"Hal ini sesuai dengan tema peringatan HUT ke-61 Kodam XII/Tpr yakni, “Selalu Bersama Berjuang untuk Rakyat,” ujar Kapendam XII/Tpr.  

Pada Karya Bakti, selain ingin membantu kesulitan rakyat pada pelaksanaanya juga bertujuan untuk membantu Pemprov Kalbar, dalam mewujudkan Desa Mandiri di Kalbar. Dengan berbagai kemampuan yang ada, Kodam XII/Tpr bertekad bersinergi mewujudkan kemandirian desa-desa, sala satunya adalah dengan peran Bintara Pembina Desa (Babinsa).  

“Pembuatan sumur bor dan penampungan air, perehaban TK dan pembangunan Posyandu oleh Kodam XII/Tpr tidak lain adalah untuk membantu program Gubernur Kalbar dalam mewujudkan 63 Desa Mandiri di Kalbar pada Tahun 2019,” tutur Kapendam XII/Tpr.  

Selain Bakti Sosial dan Karya Sosial di perbatasan, Kodam XII/Tpr juga sudah menyelenggarakan kegiatan lainnya. Di antaranya Donor Darah dan Sunatan Massal yang dilaksanakan di Aula Makodam XII/Tpr.  

Saat Donor Darah diikuti sebanyak 160 peserta. Sementara khitanan massal, ada 90 anak. Kemudian Kodam XII/Tpr menggelar olahraga bersama dengan para jurnalis, berupa ekshibisi Sepakbola. (mul/*)