Minggu, 15 Desember 2019


Peserta Bintal Juang Remaja Bahari Ikuti Joy Sailing

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 167
Peserta Bintal Juang Remaja Bahari Ikuti Joy Sailing

JOY SAILING - Peserta Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019, yang diadakan Lantamal XII Pontianak.

PONTIANAK, SP - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak, menggelar Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-Kota Pontianak.
  
BJRB Tahun 2019 diselenggarakan tiga hari, sejak 16-18 Juli 2019. Pembukaan kegiatan dilakukan pada Selasa (16/7), yang dipimpin oleh Asisten Operasi (Asops)  Danlantamal XII Pontianak, Kolonel Laut (P) Herianto T. Angi, S.E, mewakili Danlantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han).

Memasuki hari ketiga, 100 peserta BJRB pun mengikuti Joy Sailing, yaitu berlayar gembira sambil belajar. Menggunakan tiga kapal, yaitu Kapal Angkatan Laut (KAL) Lemukutan, kemudian Kapal Patroli Keamanan Laut (PAL) Pelangi dan PAL Harapan.

Para peserta menyusuri Sungai Kapuas hingga ke muara, kemudian kembali ke Markas Komando (Mako) Lantamal XII Pontianak, Jalan Yos Sudarso Km 1 Pontianak, Kalbar. Joy Sailing peserta BJRB, dilepas oleh Wadanlantamal XII Pontianak, Kolonel Mar Bambang Hadi Suseno, SE, yang mewakili Danlantamal.

“Joy Sailing jadi salah satu kegiatan BJRB. Di atas kapal, sambil berlayar, mereka akan mendapatkan materi-materi tentang kepemimpinan, Bintal Ideologi Pancasila, Pengenalan Olahraga Air dan Alat Selam, Penyuluhan tentang Kenakalan Remaja dan Bahaya Narkoba,” papar Wadanlantamal, saat melepas peserta Joy Sailing.
  
Selain itu, lanjut Kolonel Mar Bambang, BJRB ini merupakan program tahunan TNI AL sebagai manifestasi peran aktif TNI AL dalam upaya menumbuhkembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda. Kegiatan ini melahirkan generasi muda yang kreatif, inovatif, dinamis dan berwawasan maritim.

Kemudian, BJRB Tahun 2019 sebagai salah satu upaya antisipatif di tengah situasi perkembangan lingkungan strategis terutama dampak negatif globalisasi yaitu maraknya narkoba dan perkelahian pelajar.

“Serta dari pengaruh teknologi informasi sehingga sangat mudah mengakses situs-situs pornografi serta pengaruh paham dan aliran yang menyesatkan,” paparnya.
 
Diharapkan, ujar Wadanlantamal XII Pontianak, melalui kegiatan ini dapat membentuk karakter generasi muda sebagai penerus  bangsa dengan iman dan taqwa serta akhlak yang mulia, menanamkan jiwa nasionalisme, menumbuhkan jiwa bahari dan sikap mental patriotik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Juga menanamkan disiplin dan kebersamaan, serta jiwa pekerja keras dalam memajukan bangsa dan Negara Indonesia” tegasnya.

BJRB Tahun 2019 yang berlangsung selama tiga hari tersebut, di hari pertama peserta melaksanakan registrasi dan gladi Upacara Pembukaan BJRB. Hari kedua setelah pelaksanaan Upacara Pembukaan BJRB para peserta memasuki Gedung malahayati Mako Lantamal XII Pontianak.

Di hari ketiga, para peserta BJRB akan diajarkan tentang pengenalan kebaharian, penyuluhan hukum dan Bintal Rohani yang kesemua pembelajaran sembari Joy Sailing. 
  
Selesai Joy Sailing dan Ishoma dilanjutkan dengan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan diakhiri dengan Upacara Penutupan BJRB Tahun 2019 bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal XII Pontianak. (mul/*)