Sabtu, 21 September 2019


Kualitas Udara Malam di Pontianak Tidak Sehat

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 172
Kualitas Udara Malam di Pontianak Tidak Sehat

Salah satu pengunjung warung kopi di Jalan Tanjung Pura Pontianak menutup hidung karena kabut asap, Senin (5/8) malam.

PONTIANAK, SP - Kualitas udara di Kota Pontianak Senin (5/8) pukul 20.00 WIB malam tidak sehat. Dari pantauan Indeks Standard Pencemaran Udara (ISPU) KLHK, di Pontianak nilainya 159 dengan parameter 03.

Alat pemantau itu terletak di Kantor Camat Pontianak Tenggara. Nilai 159 berada di kategori tidak sehat dengan rentang nilai 101-199.

Dari penjelasan di laman iku.menlhk.go.id, tingkat kualitas udara ini merugikan manusia ataupun kelompok hewan yang sensitif, atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika.

Alat ukur itu mendeteksi udara dengan radius lima kilometer. Meski demikian hasil pengukurannya diklaim bisa mewakili kualitas udara di Kota Pontianak.

Seharusnya, indeks kualitas udara itu bisa dipantau di monitor perempatan lampu merah Jalan A Yani, Pontianak. Namun dalam dua bulan terakhir, monitor itu rusak.

“Dalam sepekan ini alat yang dibutuhkan untuk perbaikan akan datang sehingga bisa kembali berfungsi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pontianak, Tinorma Butar-butar. (din/bls)