Kamis, 19 September 2019


Danlantalam Sematkan Brevet Kehormatan kepada Forkopimda

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 127
Danlantalam Sematkan Brevet Kehormatan kepada Forkopimda

FOTO BERSAMA– Forkopimda Kalbar foto bersama usai Penyematan Brevet Kehormatan Kapal Permukaan di atas Geladak Kapal Republik Indonesia (KRI) Kerambit-627, Selasa (20/8).

PONTIANAK, SP -Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak,memberikan Brevet Kehormatan Kapal Permukaan kepada jajaran Forkopimda Kalbar, Selasa (20/8). Penyematan ini diberikan dalam rangka puncak peringatan HUT Lantamal XII Pontianak yang ke-4.

Penyematan Brevet Kehormatan Kapal Permukaan berlangsung di geladak Kapal Republik Indonesia (KRI) Kerambit-627. Selain penyematanBrevet Kehormatan Kapal Permukaan, kegiatan diisi dengan Joy Sailing (Berlayar Gembira), Demonstrasi Pertahanan Pangkalan, dan Syukuran serta Ramah Tamah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Forkopimda,yang dimulai dengan pelayaran menggunakan KRI Kermabit-627 dari Pangkalan Lantamal XII Pontianak yang lama, di Jalan Kom Yos Sudarso, menuju Mako Lantamal XII Pontianak yang baru di Jalan Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah.

Selain berkesempatan menjajal Kapal Perang berjenis Kapal Cepat Rudal (KCR), di tegah perjalanan, Jajaran Forkopimda juga turut disajikan aksi Demonstrasi Pertahanan Pangkalan dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarlan).

Danlantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Gregorius Agung W.D mengatakan, kegiatan hari ini merupakan puncak perayaan HUT Lantamal XII Pontianak yang ke empat, yang jatuh pada 7 Agustus lalu. 

Dalam kesempatan ini, pihaknya pun sekaligus mensosialisasikan dan memperkenalkan Mako Lantamal yang baru kepada jajaran Forkopimda.

"Sehingga diharapkan seluruh pejabat di Kalbar. Bisa mengenal dan mengetahui bagaimana kondisi Mako kami yang baru dengan segala sarana yang ada, dengan segala keterbatasanya," katanya.

Dengan begitu harapannya, akan tercipta sinergisitas dari jajaran Forkopimda, untuk terusbahu-membahu dalam membangun Lantamal XII Pontianak kedepan yang lebih handal, lebih profesional, dan bisa lebih bermanfaat kehadirannya di wilayah Kalbar. 

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut, pihaknya juga turut memberikan Brevet Kehormatan Kapal Permukaan kepada Gubernur Kalbar Sutarmidji serta kepada  Forkopimda Provinsi, Kota dan Kabupaten se-Kalbar.

"Dengan penyematan Brevet maka secara resmi mereka telah menjadi bagian keluarga besar TNI Angkatan Laut. Keluarga besar Kapal Permukaan,"timbalnya. 

Gubernur Kalbar Sutarmidji, sebagai salah satu penerima  Brevet Kapal Permukaan, mengucapkan terimakasih karena telah menjadi keluarga besar TNI Angkatan Laut. 

" Untuk itulah, kita akan bersama sama menjaga Kalbar dan NKRI. Semuanya kita Wujudkan dengan mempercepat pembangunan dalam segala aspek,"katanya. 

Sebagai gubernur Midji mengaku akan melihat apa yang bisa diperbuat pemerintah Provinsi untuk mempercepat dan melengkapi (keperluan, red) markas baru Lantamal XII Pontianak. 

Pria yang karib disapa midji ini pun mengapresiasi terselenggaranya kegiatan itu. Menurutnya kegiatan tersebut mununjukan  sinergisitas yang baik dengan semua unsur di Kalbar. Midji menilai sinergisitas dalam segala hal sangat penting dimiliki tak terkecuali TNI Angkatan Laut. 

Di hari jadi Lantamal, Gubernur Kalbar ini pun berharap Lantamal XII Pontianak terus handal, terutama dalam menjaga perairan dan perbatasan  dari gangguan-gangguan dan ancaman dari luar. Terlebih kata dia, wilayah Kalbar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia. 

Selain itu, Lantamal juga diharapkan dapat memberikan keselamatan bagi para nelayan yang  mungkin kapal-kapalnya ada masalah dan sebagainya. 

"Kemudian yang tak kalah penting adalah melakukan patroli. Agar kekeyaan laut kita tidak diambil dengan cara serampangan," tutupnya (mul)