Kamis, 19 September 2019


Masyarakat Kota Pontianak Bangga Kenal KRI Kerambit-627

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 386
Masyarakat Kota Pontianak Bangga Kenal KRI Kerambit-627

Kalangan Pelajar, Siswa, dan masyarakat Kota Pontianak foto bersama dengan latar belakang KRI Kerambit-627 yang sandar di Dermaga Satrol Lantamal XII Pontianak.

PONTIANAK, SP – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak, menggelar Open Ship Kapal Repunlik Indonesia (KRI) Kerambit-627. KRI yang baru sebulan diluncurkan tersebut, sedang sandar di Dermaga Satrol Lantamal XII, Jalan Komyos Sudarso No 1 Pontianak.  

Open Ship
KRI Kerambit-627 berlangsung pada Rabu (21/8/2019) dan
terbuka untuk umum, banyak siswa, pelajar, dan masyarakat di sekitar Pontianak, yang bangga bisa melihat dan masuk ke KRI tersebut.  

Adapun tujuan dari Open Ship adalah untuk menanamkan jiwa bahari serta mengembangkan wawasan, kemandirian, cinta tanah air dan menumbuhkan jiwa kejuangan serta kebaharian khususnya kecintaan terhadap TNI AL, melalui Alutsista berupa Kapal Perang yang dimilikinya.
 

Kunjungan masyarakat ini disambut langsung oleh Komandan KRI Kerambit-627, dan dipandu oleh beberapa orang Anak Buah Kapal (ABK). Setelah mendapat penjelasan awal dari ABK, selanjutnya mereka berkeliling melihat-lihat Kerambit-627.  

Dengan semangat tinggi, para peserta Open Ship di KRI Kerambit-672 tak pernah lelah menaiki anak tangga kapal dari dek ke dek hingga anjungan.  

Terlebih dengan rasa ingin tahu yang besar, tak sedikit diantara mereka yang bertanya tentang apa saja yang mereka lihat di kapal, bahkan para peserta Open Ship tersebut mengabadikan kunjungan dengan berfoto bersama prajurit KRI di beberapa tempat di atas KRI untuk terus dikenang.  

KRI Kerambit-672 adalah salah satu Kapal Perang yang dimiliki oleh TNI AL. KRI Kerambit-672 menjadi bagian Satrol Komando Armada I. KCR Kerambit semakin memperkuat pertahanan di perairan Indonesia, tepatnya di wilayah barat.

KRI Kerambit 627 memiliki spesifikasi panjang 60 meter, lebar 8,10 meter, dan berat 4,67 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 28 knots, dengan kecepatan jelajah 20 knots, serta mampu berlayar dengan endurance selama 4-5 hari.

Kapal KCR Kerambit merupakan bagian dari konsep pembangunan kekuatan pertahanan dalam strategi pertahanan negara, menuju kemandirian industri pertahanan. Saat ini, sudah ada empat unit kapal KCR 60 meter yang telah memperkuat jajaran TNI AL. Dalam menjalankan tugas KRI Kerambit-627 ini dikomandani Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hartanto dan 53 ABK. (mul/*)