Sabtu, 21 September 2019


Kurir Sabu 18 Kilogram Tujuan Lapas Cipinang, Ditangkap di Pontianak

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 5352
Kurir Sabu 18 Kilogram Tujuan Lapas Cipinang, Ditangkap di Pontianak

Tersangka dan barang bukti sabu 18 kilogram.

PONTIANAK, SP – Kurir narkoba seberat 18 kilogram berhasil diamankan jajaran Polsek Pontianak Barat di Jalan Pelabuhan Rakyat, Kelurahan Sungai Beliung, Pontianak Barat sekitar pukul 12.30 WIB, Jumat (23/8). Narkoba dalam 19 bungkus teh merek Guanyingwang itu akan dikirim ke Lapas Cipinang, Jakarta Timur.

Informasi yang dikumpulkan, pelaku bernama AS (24) warga Jalan KS Tubun, Gang Dua Damai, Banjar Selatan, Banjarmasin. Dia mendapatkan tawaran pekerjaan menjadi kurir melalui pesan Instagram dari seorang napi narkotika di Lapas Cipinang bernama A.

AS lantas diarahkan untuk mengunduh aplikasi Blackberry Messenger (BBM) dan menghubungi seseorang bernama K. Dari orang baru itu, AS diminta ke Pontianak untuk mengambil paket sabu dengan imbalan Rp100 Juta. Dia dapat uang transportasi awal Rp5 juta untuk tiket pesawat.

Sampai di Pontianak, 18 Agustus 2019 sekitar pukul 16.00 WIB, dia menginap di Hotel G di Jalan Jenderal Urip kamar 326 lantai tiga. Setelah dua hari, AS diminta Konfusius ke Hotel Santika kamar No. 566 lantai lima. Di sana, dia bertemu seorang lelaki yang memberikannya 19 bungkus sabu.

Sabu itu dikemas AS dalam tas gunung merek Eiger hitam yang dibelinya di Ayani Mega Mall. Barang sempat dibawa kembali ke hotel sebelum memesan tiket kapal menuju Makassar, dengan keberangkatan Jumat (23/8) pukul 13.00 WIB.

Tanpa disadari, aktivitas AS telah dimonitor anggota Reskrim Polsek Pontianak Barat. Dia ditangkap saat menuju Pelabuhan Rakyat Nipah menggunakan mobil Sirion warna putih.

Adapun barang bukti yang diamankan adalah satu buah tas ransel gunung merek Eiger, 19 bungkus sabu, dan satu buah handphone. (sms)