Kamis, 19 September 2019


DAD Kota Pontianak Dikukuhkan, Sekundus Siap Tingkatkan Koordinasi Organisasi

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 155
DAD Kota Pontianak Dikukuhkan, Sekundus Siap Tingkatkan Koordinasi Organisasi

Foto bersama Keluarga Besar DAD Kota Pontianak bersama Ketua Umum DAD Kalbar usai pengukuhan dan pelantikan.

PONTIANAK, SP - Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Pontianak periode 2019-2024, resmi dikukuhkan dan dilantik. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ketua Umum DAD Provinsi Kalbar Ir. Jakius Sinyor, di Rumah Radank Pontianak, Sabtu (24/8/2019).  

Pengurus DAD Kota Pontianak yang dilantik ini, merupakan hasil Musyawarah Asdat (Musdad) V DAD Kota Pontianak, yang berlangsung pada Maret 2019.

Adapun Pengurus DAD Kota Pontianak yang di lantik antaranya, Ketua DAD Kota Pontianak, Sekundus, S.Sos, MM, Sekretaris Agustinus Ujang, Bendahara Emiliana TB dan sejumlah jajaran pengurus DAD Kota Pontianak lainnya.  

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Ketua Dewan Penasehat DAD Kota Pontianak, Angeline Fremalco, yang merupakan Calon Anggota DPRD Provinsi Kalbar terpilih, Forkorpimda Kota Pontianak, dan beberapa tokoh masyarakat.  

Ketua DAD Kota Pontianak, Sekundus mengungkapkan, akan segera melaksanakan Rapat Kerja (Raker). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menentukan tugas dan fungsi, termasuk temenggung, agar DAD Kota Pontianak tidak mengurus masalah secara keseluruhan.  

“Jadi, di mana-mana ada perkara kita yang datang, ini nantinya kita bagi masing-masing wilayah kecamatan yang ada di Kota Pontianak. Raker adalah wujud konsolidasi organisasi,” tutur Sekundus.  

Selain itu, pihaknya juga akan membuat data base warga Dayak yang ada di Kota Pontianak,. Baik warga lama maupun baru, yang mungkin saja mereka adalah mahasiswa yang belajar di Kota pontianak.
 

“Data base ini penting, agar kita tahu persoalan yang dihadapi, sehingga kita bisa mencarikan solusinya. Data ini bukan untuk membentuk gap di masyarakat, hanya untuk keperluan organisasi, maka jangan ditafsirkan macam-macam,” ujarnya.
 

Kemudian, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Inspektorat Provinsi Kalbar ini, akan melaksanakan visi dan misi Walikota dan Gubernur Kalbar, yang telah disesuaikan dengan Visi dan Misi DAD Kota Pontianak.  

“Saya berharap, adanya koordinasi dan kebersamaan antar semua organisasi, termasuk pemerintah. DAD Kota Pontianak akan menjaga Kota Pontianak aman, damai, dan bersama-sama dengan masyarakat lainnya, TNI dan Polri, untuk semua kalangan masyarakat,” tutur Sekundus.  

Ketua Umum DAD Provinsi Kalbar, Ir. Jakius Sinyor menyatakan, sejak dilantik dan dikukuhkan, pengurus DAD Kota Pontianak telah memiliki legalistas. Setidaknya ada 10 tugas pengurus DAD Kota Pontianak.  

“Semuanya sudah termaktub di SK Pelantikan. Jadi semuanya mesti di laksanakan,” kata Jakius.  

Ia mengharapkan, DAD Kota Pontianak bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Pontianak, dalam upaya membantu Pemkot untuk pembangunan Kota Pontianak, baik fisik, sosial Budaya, dan juga menjaga kemanan, kedamaian di Kota Pontianak.  

“Bawa DAD menjadi mitra Pemerintah dan semua pihak. Mari bersinergi menjaga kedamaian dan kebersamaan di masyarakat,” pungkasnya. (mul/biz)