Kamis, 19 September 2019


Gubernur Midji Harapkan Kalbar jadi Sentra Durian Nasional

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 189
Gubernur Midji Harapkan Kalbar jadi Sentra Durian Nasional

Sutarmidji membuka Festival Durian Bumi Khatulistiwa, Sabtu (24/8/2019), di halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak.

PONTIANAK, SP - Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengungkapkan telah mengintruksikan dinas terkait, agar terus melindungi pusat sentra durian di Kalbar. Hal ini perlu dilakukan, agar varietas durian unggul terjaga.  

Menurutnya, saat ini ada 12 jenis varietas durian unggul, yang harus benar-benar dijaga keberadaanya. Ke-12 varietas durian unggul tersebut merupakan berkah alam bagi masyarakat Kalbar.  

"Sudah semestinya dikembangkan durian-durian unggul dari 12 durian di Kalbar. Harus sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya. Kemudian dikonteskan setiap tahun, supaya durian tersebut mendapat harga tertinggi," kata Sutarmidji, saat menyampaikan sambutan di pembukaan Festival Durian Bumi Khatulistiwa, Sabtu (24/8/2019).  

Terkait jenis-jenis dari pohon durian unggul yang sudah diamankan oleh Pemprov Kalbar, melalui dinas terkait, Midji menjelaskan akan terus dikembangkan. Adanya pengelolaan dan menjaga varietas durian asli Kalbar, ujar Midji, akan menjaga harga dan kualitasnya.  

Di balik itu semua, ada kendala yang harus di hadapi oleh pemerintah, yakni ketersediaan durian unggul yang banyak, namun tidak mudah saat akan di pasarkan di luar Kalbar.   Bahkan melalui lajur penerbangan udara, Midji mengatakan tidak terkendala sama sekali dengan biaya, namun lebih kepada pihak maskapai tidak dapat melakukan pengiriman durian hingga skala besar.  

"Ini yang harus kita pikirkan, padahal jenis durian kita luar biasa. Sehingga ini adalah satu diantara kendala yang di hadapi saat ini," terangnya.  

Midji pun berharap kepada pihak kementrian terkait bersama pemerintah pusat agar masyarakat yang mata pencahariannya berkebun, dapat lebih semangat mengembangkan jenis buah-buahan di daerahnya masing-masing.  

Penyelenggaraan Festival Durian Bumi Khatulistiwa, yang dibuka oleh Gubernur Sutarmidji pada Sabtu (24/8/2019), di halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar, Yuliardi Qamal, menyambut dengan suka cita.
 

 Menurutnya, Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 menjadi salah satu pintu gerbang meningkatkan kunjungan ke Kalbar. Dengan hasil alam Kalbar yang sangat melimpah, memang diperlukan inovasi-inovasi baru untuk mengembakangkannya agar hasil-hasil ini menjadi produk yang menarik.  

“Semoga dengan kegiatan seperti ini, maka akan mempromosikan potensi Kalbar ke tingkat internasional. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumla hunian pada pekan-pekan ini,” katanya.  

 Durian, lanjut Yuliardi, adalah salah satu hasil alam yang bisa dikreasikan menjdi produk yang menarik bagi masyarakat untuk mengkonsumsinya. Pada acara ini selain diadakan kontes durian juga ada kreasi panganan dari olahan durian serta lomba-lomba lainnya.  

“Kami berharap event durian dari festival ini dapat menjadi agenda tahunan dan menjadi destinasi tujuan wisata untuk tamu-tamu datang ke Pontianak khusunya dan Kalbar pada umumnya,” harap Yuliardi. (mul)