Minggu, 20 Oktober 2019


Dinkes Pantau Pelayanan Puskesmas

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 79
Dinkes Pantau Pelayanan Puskesmas

BAGI MASKER - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. Dr. Horrison, M.Kes membagikan masker ke pengendara sepeda motor.

PONTIANAK, SP – Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Horisson M.Kes melakukan peninjauan pelayanan kesehatan ke beberapa Puskesmas di Kota Pontianak, Senin (16/9). Peninjauan ini dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyakit akibat bencana kabut asap.

“Kadar Asap saat inikan, sampai ke level tidak sehat atau sangat tidak sehat. Saya mau melihat bagaimana kesiapan petugas-petugas kesehatan kita di puskesmas maupun di rumah sakit, bagaimana mereka menanggani dampak dari bencana asap,” ujar Horisson disela-sela kunjungan ke Puskemas Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara.

Selain ke Puskemas Khatulistiwa, Horisson juga mengunjungi Puskesmas Telaga Biru Kecamatan Pontianak Utara dan Puskesmas Pal Tiga yang terletak di Kecamatan Pontianak Kota.

Menurut Horisson, kondisi kualitas udara di Pontianak dalam seminggu ini masih belum membaik, terlihat dari masih diliburkannya siswa-siswi sekolah. Kualitas udara yang seperti ini berdampak pada kesehatan masyarakat.

Dampak dari kabut asap yang saat ini mulai terlihat adalah meningkatnya kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kota Pontianak. Hal itu juga terlihat dari melonjaknya pasien yang dilayani oleh ketiga puskesmas tersebut.

“Inikan pasti kasus ISPA-nya pasti meningkat. Saya sudah lihat bagaimana tadi mereka (petugas puskesmas) menanggani kasus-kasus ISPA,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut terlihat Horisson memberikan motivasi kepada petugas kesehatan agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tidak lupa juga dia memberikan arahan agar puskesmas selalu siap siaga apabila ada pelonjakan pasien disaat kabut asap ini.

Selain melihat kesiapan petugas kesehatan memberikan pelayanan kepada masyarakat, Dinkes Kalbar juga membagikan masker kepada para pengguna jalan. Menurut Horisson pembagian masker tersebut sebagai bentuk pencegahan agar masyarakat tidak mudah terpapar ISPA.

“Kita bagi masker ini letak kepedulian kita terhadap masyarakat yang sekarang terpapar. Mudah-mudahan dengan pembagian masker ini masyarakat agak berkurang efek samping yang disebabkan asap ini,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Horisson juga mengajak dan mengimbau kepada masyarkat untuk sama-sama menjaga kesehatan. Diantaranya yang bisa dilakukan adalah menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan (jeruk, wortel, dan sebagainya).

Kemudian agar tubuh tetap terjaga, masyakat diimbau menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah dan memperbanyak minum air putih.

“Kita selalu mengampanyekan untuk pola hidup bersih dan sehat, diharapkan kepada masyarakat jika udara kurang baik untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah. Yang terpenting pola hidup sehat, juga harus banyak makan buah dan sayur,” jelasnya. (giat)