Selasa, 12 November 2019


Satarudin Pimpin DPRD Pontianak

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 472
Satarudin Pimpin DPRD Pontianak

Ketua DPRD Pontianak, Satarudin.

PONTIANAK, SP – Satarudin dipastikan kembali memimpin DPRD Kota Pontianak masa jabatan 2019-2024. Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu, ditetapkan sebagai Ketua DPRD usai pelaksanaan sidang paripurna ke empat, Senin (7/10).

Periode lalu, Satar—panggilan akrabnya—juga mengetuai DPRD Pontianak. Namun mengundurkan diri lantaran maju dalam Pilwako Pontianak.

“Usai penetapan ini tahapan selanjutnya pengajuan berkas kepada pihak provinsi untuk penetapan pelantikan yang dilakukan oleh Gubernur Kalbar,” kata Satarudin.

Usai ditetapkan sebagai Ketua DPRD Pontianak, dirinya akan berkoordinasi dengan kolega di legislatif. Termasuk melakukan pembentukan badan-badan, perda dan pembentukan empat komisi. Semua dilakukan agar anggota dewan bisa langsung bekerja.

“Mudah-mudahan pelantikan bisa dilakukan cepat oleh Gubernur Kalbar. Karena sisa dua-tiga bulan terakhir ini bisa digunakan buat membahas APBD 2020 mendatang,” harapnya.

Bukan tanpa alasan. Dia yang sudah berpengalaman ini paham betul bahwa penyusunan anggaran tidak sembarangan. Perlu perencanaan tiap program-program yang akan dijalankan. Apalagi kota Pontianak memiliki masalah yang kompleks. Maka perlu program terukur untuk bisa dimaksimalkan.

“Infrastruktur, pendidikan, kesehatan sosial, ketenagakerjaan ke depan mesti dilakukan dengan penuh perencanaan matang,” katanya.

Belum lagi persoalan persampahan, jika tidak ditangani serius ke depan Pontianak bisa kewalahan menghadapi jumlah sampah yang produksinya bisa capaian ton per hari. Kemudian, tingkat penggunaan kendaraan yang kian tahun semakin tinggi dipandang Satar mesti dicarikan solusinya. .

“Semua persoalan ini nanti kawan-kawan legislatif yang akan membantu melakukan pengawasan. Agar semakin baik, Pemkot Pontianak melalui SOPD harus bisa bersinergi dengan legislatif,” pungkasnya. (bls)