Selasa, 15 Oktober 2019


Tentara Manunggal Membangun Desa ke-106 Tingkatkan Akselerasi Pembangunan (1)

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 63
Tentara Manunggal Membangun Desa ke-106 Tingkatkan Akselerasi Pembangunan (1)

BUKA HUTAN – Satgas TMMD ke-106 Kodim 1202/Singkawang bersama masyarakat, membuka hutan untuk pelebaran Jalan di Desa Mekar Jaya, kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas, beberapa waktu lalu.

Buka Isolasi Transportasi Mudahkan Masyarakat Jual Hasil Bumi

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) terbukti menjadi salah satu kebiatan yang meningkatkan akselerasi pembangunan desa. Arah pembangunan yang sesuai dengan visi dan misi pemerintah, yaitu membangun dari wilayah pinggiran atau wilayah tapak.

Begitu besarnya manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dengan adanya program TMMD, sehingga pada Tahun 2019 ini, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakannya tiga kali dalam setahun.

Saat ini, Kodam XII/Tpr menggelar TMMD Reguler yang ke-106. Realisasi bakti pengabdian TNI AD di masyarakat ini telah dibuka pada Rabu, 2 Oktober dan akan berakhir pada 31 Oktober 2019. TMMD ke-106 Kodam XII/Tpr, secara serentak di tiga wilayah, yaitu Kodim 1202/Singkawang, Kodim 1206/Putussibau, dan Kodim 1012/Buntok.

Dengan tema, "Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarakat", program ini menjadi landasan pemerintah dalam mengangkat derajat masyarakat desa, yang masih sulit mengakses transportasi, keterbatasan sarana dan prasarana umum, bahkan kesulitan dalam mendistribusikan hasil pertaniannya.   

Pelaksanaan TMMD ke-106 Kodam XII/Tpr disampaikan oleh Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., saat memberikan keterangan terkait TMMD di Makodam XII/Tpr, Selasa (8/10/2019).

Menurut Kapendam XII/Tpr, untuk di Kodim 1202/Skw, pelaksanaan TMMD digelar di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas dan telah dibuka oleh Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili.

Untuk di Kodim 1206/Psb, dilaksanakan di Desa Menua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu, Kapuas Hulu dan dibuka secara resmi oleh Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhamamd Nasir, yang diwakili Asisten III Setda Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh.

Sedangkan Kodim 1012/Btk, melaksanakan di Desa Gunung Bintang, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), yang dibuka oleh Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri.

“TMMD ke-106 ini berlangsung sebulan, hingga 31 Oktober 2019. Ada dua fokus kegiatan utama, yaitu meliputi sasaran fisik dan non fisik,” tutur Kapendam XII/Tpr.

Adapun sasaran fisik, berupa pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum, yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah. Sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian di daerah, akibat terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil.

“Seperti pembuatan jalan dan jembatan, serta rehap sarana ibadah, juga memperbaiki sarana dan prasarana kegiatan pemuda, di antaranya lapangan Bola Voli dan Sepakbola. Kegiatan ini bergotong-royong dengan masyarakat setempat," papar Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe.

Sementara sasaran non fisik yang dilakukan antara lain penyuluhan kepada masyarakat. Diantaranya penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan, Kamtibmas, Terorisme, Bahaya Narkoba, Kesehatan Lingkungan, Pertanian, Karhutla, dan Keluarga Berencana.

“Adapula Bhakti Sosial (Baksos) berupa pengobatan massal, pembagian Sembako, khitanan massal, serta berbagai upaya silaturahmi dalam rangka mempererat kemanunggalan TNI dan masyarakat setempat,” tutur Kapendam XII/Tpr. (aep mulyanto)