Senin, 09 Desember 2019


IKA Fisip Pontianak Siap Berkontribusi Tingkatkan Prestasi Mahasiswa

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 272
IKA Fisip Pontianak Siap Berkontribusi Tingkatkan Prestasi Mahasiswa

BANTUAN - Ketua Pengda Fisip Untan Kota Pontianak, Ikhsan menyerahkan kontribusi atau bantuan ke Panitia Pekan Olahraga Fisip Untan, Kamis (7/11). IST

PONTIANAK, SP - Para alumni kampus yang tergabung dalam wadah organisasi Pengurus Daerah (Pengda) IKA Fisip Untan Pontianak menyatakan siap bersinergi dengan seluruh elemen di kampus dalam meningkatkan prestasi mahasiswa.

Komitmen tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Pengda Fisip Untan Pontianak, Ikhsan saat menyerahkan bantuan kepada Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip Untan, sekaligus Penyelenggara Pekan Olahraga Fisip Untan, Kamis (7/11).

"Pengda Fisip Untan Pontianak sangat mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang diselenggarakan oleh BEM Fisip Untan, dimana memadukan olahraga moderen dan olahraga tradisional," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dirinya berharap para mahasiswa dapat menyalurkan bakat dan kemampuannya dalam kompetisi yang fair.

"Apalagi ada cabang olahraga baru, yakni E-Sport seperti PUBG dan Mobile Legend yang ikut dipertandingkan. Kita ketahui cabang ini mulai digandrungi oleh kaum milenial, dan pemerintah telah mengakui ini sebagai cabang olahraga nasional," kata Ikhsan.

Ikhsan mengatakan, secara administratif, ikatan alumni dibentuk untuk mendata dan menghimpun data alumni. Secara sosiologis, ikatan alumni dibentuk sebagai silaturahim antaralumni dari berbagai angkatan. Dan dalam konteks akademik, perguruan tinggi menjadikan ikatan alumni sebagai mitra untuk bekerja sama dan saling menguntungkan. Biasanya dalam hal akreditasi ada klausul peran alumni terhadap kampusnya. Perwakilan alumni pun diundang pada saat akreditasi untuk presentasi atau uji petik sejauh mana peran dan kerjasamanya dengan pihak perguruan tinggi tempatnya kuliah.

Namun, di samping itu, para alumni juga memiliki peran dalam meningkatkan prestasi mahasiswa di segala bidang, seperti halnya olahraga.

"Saya juga memberikan dorongan motivasi kepada seluruh mahasiswa Fisip Untan, untuk terus giat mengembangkan minat dan bakatnya di bidang olahraga, khususnya dalam menggapai prestasi," tuturnya.

Pada kesempatan ini, Ikhsan mewakili para alumni mengucapkan terima kasih juga kepada Dekan Fisip Untan, Martoyo dan Sabran Achyar selaku Wakil Dekan III yang mana telah memfasilitasi dan mendukung segala kegiatan mahasiswa dan alumni.

" Tidak lupa pula saya sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah ikut serta menyukseskan terselenggaranya kegiatan positif ini, salah satunya kepada saudara Ageng Novly Satriady yang juga merupakan Alumni Fisip Untan 2009 selaku pemilik Bedol Coffee tempat terselenggaranya Pekan Olahraga Mahasiswa Khusus kategori E-Sport," ucap Ikhsan.

Sementara itu, Menpora BEM Fisip Untan, Muhammad Dikin mengatakan, kegiatan Pekan Olahraga Fisip Untan merupakan rangkaian dari Milad Fisip Untan yang ke 54.

"Kegiatan dibuka tanggal 8 November, dan berakhir pada 22 November 2019," terangnya.

Adapun sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan, di antaranya  E-Sport (PUBG & Mobile Legend) Antar Fakultas Se-Kalimantan Barat di Caffe Bedol;  Liga Voli dan Bulu Tangkis di Lapangan Kampus Fisip; Catur dan Tenis Meja di Ruang A Kampus Fisip.

"Bila tidak ada halangan, kegiatan dibuka langsung oleh Dekan Fisip Untan dan dihadiri oleh seluruh civitas kampus," pungkas Dikin. (bob)