Kamis, 19 September 2019


Ini Spesifikasi Honda Monkey, Sang Motor Klasik Legendaris yang Segera Meluncur di Indonesia (bagian 2)

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 357
Ini Spesifikasi Honda Monkey, Sang Motor Klasik Legendaris yang Segera Meluncur di Indonesia (bagian 2)

Honda Monkey, Motor Retro Klasik

Desain Lengan Ayun dan Suspensi Depan Memakai Warna Senada Bodi  

Honda Monkey, yang akan segera diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM), merupakan motor yang direinkarnasi dari Honda Monkey lawas. Motor terkenal hingga ke pelosok global.  

Motor mungil bernama Monkey ini, tak cuma dikenal di Asia, Eropa, namun hingga ke Amerika. Reinkarnasi Monkey membawa segenap penyempurnaan. Menjadikannya sebagai motor jalanan yang bisa dipakai di kawasan urban.  

Meski sarat nilai modern, tak bisa ditampik kalau Monkey baru berpenampilan retro. Bisa dilihat dari banyak aspek dengan bentuk bundar maupun minim sudut.    

Kelir dipermanis warna putih pada tangki juga masuk desain retro. Sedang kelir utama ada tiga, Pearl Nebula Red, Banana Yellow, dan Pearl Glittering Blue. Warna merah sangat ikonik dan kuning sangat menarik.  

Dari sisi desain, elemen yang paling menarik ada pada tampilan luar Monkey, adalah lengan ayun dan suspensi depan memakai warna senada bodi. Jadi warna bisa terlihat lebih penuh meski dimensinya terbatas.  

Warna putih pada tangki bagian bawah menguatkan aura klasik. Deteksi elemen klasik lain pada lampu depan, spion dan lampu belakang memakai desain bulat. Lampu dan sein belakang desainnya menyatu dan sangat retro. Sementara lapisan chrome bisa dijumpai pada beberapa bagian Monkey.  

Sedikit berbeda dari pendahulunya, Monkey baru kurang pas kalau disebut mini trail. Mungkin lebih cocok mini ADV dengan penggunaan urban, sesekali ke kawasan sub-urban. Soalnya tak ada pelat pelindung di bawah mesin.  

Sedang ban tebal berukuran 120/80 di depan dan 130/80 ban belakang lebih cocok untuk penggunaan jalan lebih mulus.   Pada mesin dan konsumsi BBM, mesin Monkey berkode MSX125, mesin sama yang digendong Super Cub C125. Dayanya mencapai 9,6 hp pada 7.000 rpm dan torsi 10,5 Nm pada 5.500 rpm. Teknologi injeksi andalan PGM-Fi sudah dibenamkan. Penyalur daya 4-speed dengan tuas kopling. Itu bakal sedikit merepotkan bagi yang ingin berkendara lebih santai.  

Tangki bahan bakar bisa diisi penuh sampai 5,6 liter. Yang menarik, klaim konsumsi bbm dari Honda di benua Eropa, Monkey bisa menempuh 67 km dengan satu liter bensin. Berarti, lebih dari 350 km bisa ditempuh oleh Monkey dengan tangki terisi penuh. (mul)