Kisah Rindu saat Mudik-Balik Lebaran Idul Fitri 2019 Menggunakan Honda Vario 150 (selesai)

Potret

Editor Mul Dibaca : 85

Kisah Rindu saat Mudik-Balik Lebaran Idul Fitri 2019 Menggunakan Honda Vario 150 (selesai)
ROLLING CITY - Anggota Komunitas Honda Vario Kota Pontianak, siap rolling city beberapa waktu lalu.
Motor Irit Membuat Kantong Terjaga

Saat meluncurkan Vario 150, PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim motor ini sangat irit. Bahkan hanya menghabiskan bahan bakar 1 liter dengan jarak 52,9 Km. Iritnya Honda Vario 150, tentu sangat disyukuri Rindu, yang menempuh jarak sekitar 673 Km dari Kota Pontianak ke Kota Putussibau di Kabupaten Kapuas Hulu.

Namun, meskipun sangat irit, Honda Vario150 tetap nyaman dan aman dikendarai. Menempuh jarak yang sedemikian jauh, Rindu dan rekan-rekannya, hanya membutuhkan 13 liter bahan bakar. Artinya, hanya tiga kali isi bahan bakar dalam perjalanan tersebut.  

“Benar-benar irit. Kami hanya tiga kali mengisi bahan bakar. Itu pun masih bisa dipakai untuk keliling Kota Putussibau,” papar Rindu saat menjelaskan betapa iritnya Honda Vario 150.  

Rindu yang memiliki postur tubuh 163 cm dan berat badan 57 Kg, berboncengan dengan Winda yang memiliki postur tubuh hampir sama. Selama perjalanan, kondisi jalan pun cukup beragam, ada jalanan lurus dan lancar, ada pula yang berkelok dan cukup padat.  

Kecepatannya juga beragam, namun lebih sering di atas 70-80 km/jam. Saat jalanan lurus, kecepatan konstan bisa sekitar 85 km/jam. Motor matik berkapasitas mesin 150 cc ini jelas tergolong irit. Selain cara atau prilaku berkendara, konsumsi bahan bakar juga bisa dipengaruhi oleh fitur atau teknologi yang ada pada tersebut.

“Saya semakin suka menggunakan motor ini. Sudah sangat irit, nyaman dan aman pula. Dari Kota Pontianak ke Kota Putussibau hanya mengeluarkan kurang lebih Rp100.000,-,” tutur Rindu.   

Honda Vario 150 cc yang digunakan Rindu dibekali teknologi eSP, yang merupakan generasi terbaru mesin matik Honda yang dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar lebih baik dan ramah lingkungan.

Faktor lainnya adalah teknologi Idling Stop. Fitur ini bisa mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan mesin menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini mencegah bahan bakar terbuang percuma, lebih irit dan ramah lingkungan.

Ditambah dengan tombol remote, motor akan memberi respon suara sekaligus semua lampu sein akan menyala. Selain itu, model ini memiliki lampu Dual Keen Eyes Headlight dengan LED yang mampu memberikan keunggulan lebih baik bagi pengendara melalui intensitas cahaya yang lebih terang, pemakaian daya listrik yang lebih hemat, dan memilliki masa pakai lebih lama.  

Saat berkendara, mesin 150cc eSP pada model ini mampu menghasilkan performa berkendara yang optimal dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Teknologi eSP mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimasi gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar.  

Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin dengan suara lebih halus, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.  

Manfaat Honda Smart Technology semakin optimal dengan kehadiran teknologi Combi Brake System (CBS) yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara lebih optimal.  

Selain itu, All New Honda Vario 150 eSP juga dilengkapi fitur-fitur canggih lain yaitu standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun, serta Brake Lock yang mudah dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan.  

Fitur unggulan lain juga dipertahankankan seperti pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter) yang efektif mencegah pencurian. All New Honda Vario 150 eSP juga memiliki kapasitas bagasi terbesar di kelasnya yaitu sebesar 18 liter yang mampu menyimpan helm fullface. (aep mulyanto)