Minggu, 20 Oktober 2019


Komisi Informasi Kalbar Gelar Sosialisasi Keterbukaan Informasi di Perguruan Tinggi

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 208
Komisi Informasi Kalbar Gelar Sosialisasi Keterbukaan Informasi di Perguruan Tinggi

Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat (KI Kalbar), bekerjasama dengan Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak, menggelar Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Perguruan Tinggi, Kamis (20/6/2019).

PONTIANAK, SP - Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat (KI Kalbar), bekerjasama dengan Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak, menggelar Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Perguruan Tinggi, Kamis (20/6/2019).  

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Dekan Lantai 2 UPB dan diikuti 50 mahasiswa dari berbagai program studi. Hadir pada kegiatan tersebut Pejabat Harian Rektor UPB, Ir Arif Parabi, MT, Kepala Pusat Karir Kemahasiswaan UPB, Drs Rizal Erdani, dan Kepala Unit Kesekretarian Lembaga UPB, Susi Wulandari, SH.  

Sementara dari KI Kalbar, Ketua KI, Ir Sy. Muhammad Herry, MH, Mediator KI Kalbar, Rospita Vici Paulyn, ST, Mediator Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi KI Kalbar, dan Lutfi Faurusal Hasan, SP Komisioner Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga KI Kalbar.  

Sebagai agent of change, mahasiswa diharapkan dapat membawa suatu perubahan dari sesuatu hal yang buruk menjadi sesuatu hal yang lebih baik dalam berbagai aspek. Itu berarti mahasiswa harus berperan aktif untuk menjadi penggerak dalam mendorong keterbukaan informasi publik.  

"Agar meningkatkan kapasitas bangsa dan mampu menjadi solusi atas berbagai tantangan dan permasalahan yang ada pada saat ini," tutur Ketua KI Kalbar, Sy Herry.  

Para mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terlihat dalam sesi tanya jawab, sejumlah mahasiswa nampak bersemangat sekali mengajukan beberapa pertanyaan dan berbagi pengalaman mereka dalam hal mengakses informasi publik.  

Setelah kegiatan sosialisasi berlangsung, acara kemudian di lanjutkan dengan agenda penandatangan MoU atau Nota Kesepahaman antara UPB dan KI Kalbar Tentang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian serta Penguatan Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Kalbar.  

MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor UPB, Dr Purwanto, SH, M.Hum dan Ketua KI Kalbar Ir. Syarif Muhammad Herry, MH, Mediator.   Nota Kesepahaman ini diharapkan dapat dijadikan acuan agar kerjasama antara UPB dan KI kalbar dapat berlangsung secara berkelanjutan. (din)