Kamis, 14 November 2019


Safety Riding Education Asmo Pontianak Selamatkan Nyawa Manusia (bagian 1)

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 117
Safety Riding Education Asmo Pontianak Selamatkan Nyawa Manusia (bagian 1)

USIA DINI - Tim Safety Riding Education Astra Motor Pontianak, membimbing anak-anak Taman Kanak-Kanak dalam rangka kampanye keselamatan berkendara. Safety Riding Education jadi salah satu cara menyelamatkan nyawa manusia dari kecekalaan lalulintas.

Lahirkan Pelopor Utama Keselamatan Berlalu Lintas


Astra Motor Pontianak, tidak sekedar menjadi perusahaan dengan bisnis oriented saja. Grup PT Astra Internasional Tbk yang merupakan distributor utama sepeda motor nomor satu di dunia ini, ternyata mengutamakan pelayanan purna jual.

Beberapa pelayanan purna jual yang dilakukan oleh Astra Motor Pontianak adalah perawatan kendaraan bermotor dan penyediaan sparepart. Selain itu, ada beberapa kegiatan sosial yang terus dikembangkan oleh Astra Motor Pontianak, salah satu yang terbaik adalah Safety Riding Education.  

Kegiatan tersebut berorientasi membangun kesadaran berkendara yang aman, tertib, sekaligus berbudaya. Dengan adanya Safety Riding Education Astra Motor Pontianak, maka banyak nyawa masyarakat Kalbar yang diselamatkan dari kecelaan lalu lintas.  

“Memang bukanlah hal yang mudah. Karena budaya tertib berkendara itu berasal dari kebiasaan masyarakat. Meski demikian, Tim Safety Riding Astra Motor Pontianak, tidak pernah jenuh untuk mewujudkannya,” ujar Marketing Manager Astra Motor Pontianak, Julius Armando Cakramurti.  

Tidak hanya bagi pengendara dewasa, Tim Safety Riding Astra Motor Pontianak, telah memulai pendidikan keselamatan berkendara sejak usia dini, yaitu pada anak usia sekolah di Pendidikan anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK).  

Penanaman kesadaran Safety Riding sejak usia dini atau anak-anak, diyakini menjadi gerbang lahirnya situasi jalan raya yang aman. Kondisi ini tentunya akan menciptakan kondisi perjalanan yang nyaman dan ceria.  

“Kami turut mensukseskan Tahun Keselamatan, dengan menggelar Kampanye #Cari_Aman, yang mudah melekat pada setiap pengendara,” tuturnya.  

Safety Riding Eduation Astra Motor Pontianak, memberikan pengetahuan tentang cara aman berkendara dan tertib di jalan raya, pada setiap tingkatan pendidikan dan masyarakat umum. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, maka angka kecelakaan di jalan raya, semakin berkurang.  

“Dalam setahun, ada 60 event yang diselenggarakan. Semuanya terbagi dalam beberapa segmen yakni, Sekolah (TK, SD,SMP, SMA, Perguruan Tinggi (PT), Community, kelompok profesioanl, baik pemerintahan, private company, dan konsumen setia,” papar Julius.  

Totalitas melahirkan pengendara yang aman dan berbudaya, yang terus dikembangkan oleh Tim Safety Riding Astra MotorPontianak, mendapat apresiasi dari Polda Kalbar. Menurut Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah, tingkat kecelakaan lalu lintas cukup tinggi di Kalbar, khusus Kota Pontianak.  

“Adanya Safety Riding Education Astra Motor Pontianak, benar-benar menjaga nyawa masyarakat Kalbar. Kami terbantu dengan adanya program ini,” ujar Kompol Salbiah.  

Berdasarkan catatan Polda Kalbar, pada 2018, ada korban 450 Laka Lantas yang meninggal dunia. Kondisi ini, jelas sangat memprihatinkan, karena kendaraan roda dua adalah andalan utama masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari.  

Dengan adanya pendidikan yang dilakukan terus menerus untuk semua lapisan masyarakat, jadi satu langkah nyata menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menciptakan jalan raya yang aman untuk semua. Kompol Salbiah menyatakan, bila semua pengendara jadi pelopor keselamatan berlalu lintas, maka akan tercipta keamanan bersama.  

“Budaya tertib, patuh, dan tenggang rasa di jalan raya, bisa membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Melalui motto #Cari_Aman, Astra Motor Pontianak, bertekad meminimalisir angka kecelakaan tersebut,” katanya.   

Kompol Salbiah menjelaskan, ada tiga tips terbaik sebelum berkendara. Tiga tips ini wajib diterapkan bagi siapa saja yang akan berkendara. Apabila tips ini benar-benar dipraktekkan dengan baik, maka semua orang yang berkendara, bisa menghindari terjadinya Laka Lantas.  

“Harus siap mengemudi atau berkendara, siap kendaraannya, dan mengamalkan tertib berlalu lintas. Tiga tips ini, wajib dilakukan, apabila ingin selamat di jalan raya,” pungkasnya. (aep mulyanto)