Waspada, Inilah Wilayah Langganan Banjir di Sambas

Sambas

Editor sutan Dibaca : 1156

Waspada, Inilah Wilayah Langganan Banjir di Sambas
Ilustrasi
SAMBAS, SP- Memasuki musim penghujan, Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengingatkan masyarakat untuk waspada. Sebab, hampir setiap tahun wilayah ini dilanda banjir. Adapun,  kecamatan yang langganan banjir itu antara lain Sajad, Sejangkung, Sajingan, Sekura, Teluk Keramat, Tebas dan Sebawi.

"Tentu kita berharap tidak terjadi banjir. Meski demikian, kami akan berkoordinasi dengan kepala desa yang daerahnya mungkin akan ditimpa musibah banjir pada tahun ini," kata Atbah, Rabu (30/11).

Atbah mengungkapkan bahwa banjir yang menerjang Sambas adalah banjir kiriman dari Kabupaten Bengkayang.
"Sebenarnya Sambas tidak banjir. Air tersebut adalah kiriman dari Kabupaten Bengkayang. Meskipun di sini tidak hujan, akan tetapi apabila terjadi hujan di hulu, airnya akan turun ke Sambas," jelas Atbah.

Maka dari itu lanjut Atbah dalam menghadapi masalah banjir tidak bisa ditangani secara sektoral, melainkan berkaitan juga dengan wilayah lainnya yaitu Kabupaten Bengkayang.
Lebih lanjut, Atbah mengatakan bahwa kemungkinan penyebab banjir adalah kondisi hutan yang mulai minim.

"Seingat saya jika tidak ada masalah di sana (Bengkayang), baik itu karena mulai minimnya hutan atau beberapa perubahan kondisi daerah itu, maka banjir tidak akan melanda Sambas," tutur Atbah.

Atbah pun mengaku telah membicarakan persoalan banjir itu dengan Bupati Bengkayang dan pihak terkait.
“Jadi, ada hal yang harus kita lakukan agar air itu tidak ke wilayah Sambas,” pungkas Atbah. (noi/bah)