Diduga Akibat Limbah Sawit, Warga Desa Semanga Diserang Wabah Kudis

Sambas

Editor Soetana hasby Dibaca : 968

Diduga Akibat Limbah Sawit, Warga Desa Semanga Diserang Wabah Kudis
WABAH KUDIS - Sejumlah warga Desa Semanga, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas, menderita wabah kudis. (SP/Nurhadi)
SAMBAS, SP – Kepala Desa Semanga, Jube Herzami mengharapkan Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili beserta Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Sambas meninjau Desa Semanga, Kecamatan Sejangkung.

Sejumlah warga kini menderita kudis dan koreng, diduga akibat limbah sawit mencemari sungai.

Dikatakan Jube, semula menerima informasi rencana kedatangan bupati. Namun, kunjungan itu hingga kini tidak terealisasi. “Beberapa waktu lalu, meski tidak resmi,, kami mendapat informasi rencana kunjungan SKPD terkait dan Bupati Sambas ke Desa kami,” ujar Jube, Minggu (4/12).

Namun, kunjungan itu tidak terlaksana. “Kami telah menunda dan membatalkan serangkaian kegiatan lainnya di desa (untuk menyambut bupati)," kata dia.

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili berjanji akan mengadendakan ulang kunjungannya ke Desa Semanga. "Saya akan hubungi dinas terkait untuk kembali mejadwalkan” ujar Atbah.

 Menyoal wabah yang menyerang warga Desa Semanga, dan tudingan akibat limbah sawit, Atbah menegaskan akan menyelesaikan permasalahan itu.

“Jika memang terbukti ini adalah limbah sawit, maka kita akan upayakan penyelesaian. Kita ambil jalan tengah, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan,” ujar Atbah.

Tercatat 31 perusahaan dan tiga pabrik sawit beroperasi di Kabupaten Sambas, di antaranya milik PT. WHS. (noi)