Bupati Atbah Bakal Gelar Seleksi Terbuka Pilih Kadis

Sambas

Editor Kiwi Dibaca : 822

Bupati Atbah Bakal Gelar Seleksi Terbuka Pilih Kadis
PANTAU HARGA – Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili dan Wakil Bupati Sambas, Hairiah sedang blusukan ke pasar untuk memantau harga barang, belum lama ini. Atbah direncanakan akan menggelar seleksi terbuka untuk jabatan kepala dinas di pemerintahannya.
SAMBAS, SP - Asisten Komisioner Bidang Monitoring dan Evaluasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Abdul Hakim mengatakan, seleksi kepala dinas dan asisten Setda Sambas direncanakan dilaksanakan secara terbuka. Hal itu disampaikan Hakim berdasar diskusi dengan Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili. Dikatakan, sebelumnya Atbah telah melaksanakan seleksi terbuka Jabatan Pratama Tinggi (JPT) Sekda Kabupaten Sambas. “Untuk Kepala Dinas dan Asisten Setda, sebagaimana diksusi dengan Plt Sekda dan Kepala BKD Sambas juga, Bupati Sambas berkeinginan dalam penataan kadis dan asisten dengan cara seleksi terbuka pula," ujar Hakim, Sabtu (13/5).

Terkait pemilihan kepala dinas dan asisten Sekda, pihaknya menyarankan, ada dua pilihan yang bisa dilakukan di antaranya apakah melakukan rotasi dan mutasi terlebih dahulu atau jabatan yang masih kosong langsung dilakukan seleksi untuk mencari siapa yang mengisinya.

"Dua cara yang disarankan tentu sesuai aturan. Tinggal bupati memilih yang mana nantinya," kata Hakim.

Untuk memilih kepala dinas dan asisten setda Sambas itu, sebelumnya juga harus dibentuk panitia seleksi untuk pertimbangan seleksi tersebut.

"Walaupun bupati melakukan rotasi dan mutasi terlebih dahulu, itu harus berkoordinasi dengan KASN dan membentuk Pansel yang unsurnya dua dari internal (pemerintah) dan tiga unsur eksternal," papar Hakim.

Dari seleksi sebelumnya, Hakim menyebutkan bahwa Bupati Sambas selalu berkoordinasi dengan KASN. Hal tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan Bupati Sambas, dimana dalam pelaksanaan seleksi terbuka selalu berkoordinasi dengan KASN.

"Bupati Sambas selama ini selalu berkoordinasi dengan KASN dan ini memang sesuai kewenangan dan tugas KASN, untuk memberikan masukan terkait ASN," katanya.
Sementara Kabag Ortal Setda Kabupaten Sambas, Dedi Zulkarnaen mengatakan, saat ini beberapa jabatan SKPD masih dijabat pelaksana tugas (Plt).

"Saat ini Sekda masih berstatus Plt. Kemudian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Direktur RSUD Sambas," kata Dedi. (ant/bah)