Senin, 23 September 2019


Atbah Jamin Transmigran Sungai Deden

Editor:

Syafria Arrahman ST Raja Alam

    |     Pembaca: 1149
Atbah Jamin Transmigran Sungai Deden

ilustrasi (orangbejo.com)

SAMBAS, SP - Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili, menemui langsung warga Transmigrasi Desa Sungai Deden, Kecamatan Subah. Kedatangan Atbah untuk meyakinkan persoalan yang dihadapi dan dapat segera dituntaskan.  

Bupati Atbah didampingi Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala BPN Sambas, Sekretaris Dinas Polisi Pamong Praja dan beberapa pejabat terkait. Ia berdialog dengan warga Transmigrasi Sungai Deden, yang mengeluhkan hak mereka, saat berselisih dengan perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (PKS).  

Hadir juga Camat Subah, Kapolsek Subah, dan Kades Sungai Deden. Dialog digelar di Lapangan Sepakbola, dihadiri ratusan warga Transmigrasi Sungai Deden dan sekitarnya.  

“Saya bersama unit kerja terkait, memastikan akan menuntaskan permasalahan ini. Jika kewenangan memutuskan permasalahan ini ada di Bupati, saya nisa putuskan hari ini. Namun, saya minta masyarakat lebih bersabar lagi, segera saya tuntaskan," janji Atbah.

Dijelaskan Bupati, pada intinya, pertemuan yang digelar di Desa Sungai Deden, guna menegaskan kepada masyarakat, bahwa Pemkab hadir dan berupaya mengembalikan sesuai hak yang sebenarnya.
 

"Segea saya upayakan, agar warga transmigrasi yang benar-benar berhak atas hak-haknya itu mendapatkan pengakuan secara sah dan resmi oleh pihak yang berwenang, dalam hal ini BPN," tuturnya.  

Hanya saja, Bupati Atbah mengingatkan bahwa Pemkab bukan sebagai pemutus masalah, melainkan akan terus mengawal masalah perselisihan hak tanah warga transmigrasi, sehingga segera tuntas.  

Upaya yang ditempuh satu di antaranya dengan terus menerus dan secara intens membangun komunikasi dan mengingatkan unit kerja terkait serius penyelesaian perselisihan itu.  

"Kita tidak ingin ini menjadi lebih berlarut-larut. Masyarakat saya harapkan tetap dengan hati dan pikiran yang dingin, Insya Allah ini akan segera kita tuntaskan," papar Atbah.

Kepala BPN Kabupaten Sambas, Oloan S, membenarkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh warga Transmigrasi Sungai Deden tidak bisa serta merta dipecahkan permasalahannya. Diterangkannya, ada mekanisme yang tetap jadi acuan solusinya.  

"BPN Sambas terus mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan permasalahan ini agar segera cepat selesai. Kami mendukung apa yang diinginkan Bupati Sambas, agar segera selesai dan tuntas," kata Oloan. (hms/noi/mul)