Dewan Sambas Sambut Baik Swastanisasi Pelabuhan Sintete

Sambas

Editor Tajil Atifin Dibaca : 1065

Dewan Sambas Sambut Baik Swastanisasi Pelabuhan Sintete
pelabuahan pntianak
SAMBAS, SP - Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo membenarkan bahwa Pelabuhan Sintete telah diswastanisasikan.

"Sekarang memang telah dilakukan swastanisasi beberapa pelabuhan dan bandara oleh pemerintah, salah satunya Pelabuhan Sintete di Kabupaten Sambas," ungkapnya, Selasa (10/10).

Kekhawatiran akan dampak lanjutan dengan diswastanisasikannya Pelabuhan Sintete, dikatakannya pasti akan muncul.

Ada dampak positif dan negatifnya, positifnya yaitu APBN akan semakin efisien, dan akan ada peningkatan dari segi kualitas pelayanan yang dilakukan oleh pihak pengelola pelabuhan.

Sementara itu, dampak negatifnya yakni, muncul kekhawatiran bahwa pengelola swasta atau pengusaha akan berupaya mencari keuntungan sebesar- besarnya," sambungnya.

Namun, dirinya juga percaya bahwa pemerintah telah mengatur sedemikian rupa proses kontrol dan pengawasan, sehingga kekhawatiran tersebut bisa direduksi.

"Tapi menurut saya, walaupun pengelolaannya dilakukan oleh swasta, tapi ini tetap di monitoring oleh pemerintah dengan pola kemitraan yang diatur dalam MoU dan Perpres," pungkasnya.
Sebelumnya isu penjualan bandara dan pelabuhan milik Badan Usaha Milik Negara ke pihak swasta kembali muncul. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, upaya itu bagus untuk pengurangan alokasi APBN yang digunakan untuk mengelola bandara dan pelabuhan selama ini.

"Kita juga akan menswastakan 10 bandara dan 20 pelabuhan untuk diberikan kepada swasta, supaya bandara dan pelabuhan yang 30 ini jangan makan APBN lagi," kata Budi di Red Top Hotel Pecenongan, Jakarta Pusat, Selasa (10/10). (noi)

Komentar