Kamis, 21 November 2019


KPU Akan Verifikasi Administrasi dan Faktual Parpol 2019

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 742
KPU Akan Verifikasi Administrasi dan Faktual Parpol 2019

BENDERA PARPOL – Bendera Partai Politik (Parpol) akan dikerek. Saat ini di Kabupaten Sambas, ada 15 Parpol yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019.

SAMBAS, SP – Sejumah 15 Partai Politik (Parpol) mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas hingga hari terakhir pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019, Senin (16/10) pukul 24.00 WIB, kemarin.

Dari pantauan, di Kantor KPU Kabupaten Sambas hingga pukul 24.00 WIB tadi malam, aktifitas pendaftaran tampak ramai dan tak terkendala.

Ketua KPU Kabupaten Sambas, Suaib mengatakan, Senin (16/10) merupakan batas akhir penyerahan bukti dukungan. Ada 10 parpol yang mendaftar.

"Ada 10 partai yang mendaftarkan diri dan sekaligus menyerahkan daftar Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) anggota dan pengurus partai serta simpatisan," kata Suaib, Selasa (17/10).

Namun sebelumnya, lanjut Suaib, sudah ada lima partai politik yang menyerahkan berkas  dukungan mereka.

"Jadi sejak dibuka sampai dengan hari terakhir kemarin penerimaan pendaftaran total 15 partai sudah mendaftarkan berkas dukungan mereka," papar Suaib.

Suaib mengatakan bahwa terkadang terdapat juga kesulitan Parpol yang mendaftarkan berkas pendukung mereka.

"Dari 15 partai tersebut, baru 10 partai politik yang memenuhi syarat. Sedangkan yang lainnya sedang memperbaiki dan melengkapi persyaratan yang diminta," ungkap Suaib.

Diungkapkan bahwa secara umum, persoalan yang dialami oleh kebanyakan Parpol yaitu ketidakcocokan jumlah KTA dan KTP dengan Sistem Informasi Partai Politik atau Sipol KPU.
“Ini juga karena data mereka harus sesuai dengan data yang diserahkan oleh Parpol di pusat. Terkadang akan memakan waktu yang lama sekitar satu jam untuk mendapatkan data dari pusat tersebut," sambung Suaib.

Tugas KPU berikutnya adalah melakukan verifikasi lanjutan terhadap berkas dukungan berupa KTA dan KTP pendukung Parpol.

"Setelah penyerahan daftar dukungan kami akan melakukan verifikasi administrasi, kemudian melakukan verifikasi faktual," jelas Suaib.
Secara umum, Parpol yang ada telah mengerti dan sangat kooperatif sehingga pada saat penyerahan dan penerimaan berkas tidak terdapat kendala.

"Partai yang tadi malam (Senin, 16/10) baru saja mendaftar seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) datanya sudah pas dan sesuai, sehingga tidak susah untuk menelitinya. Kemudian Partai Bulan Bintang juga baru mendaftar. Sebelumnya mereka sempat menunggu keputusan dari pimpinan pusat partai apakah mendaftar secara nasional atau tidak," kata Suaib.
Sipol atau Sistem Informasi Partai Politik yang merupakan aplikasi penyocokan data pendukung, kata Suaib, juga membuat pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan.

"Sipol ini sangat membantu kita dalam hal mengidentifikasi dan melakukan penyocokan data pendukung dari data Parpol pusat dan daerah, sehingga pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dalam waktu yang lama bisa diselesaikan dalam tempo yang singkat," pungkas Suaib. (noi/bah)