Selasa, 17 September 2019


Wakapolda Perintahkan Bhabinkamtibmas Awasi Dana Desa

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 499
Wakapolda Perintahkan Bhabinkamtibmas Awasi Dana Desa

Ilustrasi polisi

SAMBAS, SP – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat, Brigjen Pol Amrin Remico memberikan arahan kepada para Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan jajaran personel Polres Sambas di aula Dhira Wijaya Mapolres Sambas, belum lama ini.

Kaur Litprodok Bidhumas Polda Kalbar, AKP Cucu Safiyudin mengungkapkan, Amrin menyampaikan arahannya tersebut kepada 146 personel yang hadir. Terdiri dari para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek Jajaran dan sebanyak 70 personel Bhabinkamtibmas. Amrin menegaskan kepada personel jajaran Polres Sambas agar bekerja secara profesional.

"Para Bhabinkamtibmas harus pintar dan cerdas. Dengan adanya MoU antara Kapolri, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa Tertinggal, agar mengawasi Dana Desa (DD) di masing-masing wilayah kerjanya," ujarnya. Tak hanya itu, Amrin memerintahkan agar para Kapolsek turut serta mengawasi, mengarahkan para Bhabinkamtibmas dengan serius.

"Jangan sekali-kali menyalahgunakan wewenang. Tak boleh bekerjasama dengan aparat desa untuk menyelewengkan Dana Desa," tegas Amrin. Selain itu, Amrin mengingatkan bahwa penggunaan senjata api dinasdigunakan harus sesuai prosedur. Amrin juga menuturkan agar para personel Polres Sambas selalu mensyukuri semua yang telah didapatkan selama ini.

"Mari kita besarkan institusi Polri ini melalui kinerja yang baik dan tetap semangat dalam melaksanakan tugas sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Bhabinkamtibmas harus lebih pintar dengan adanya penandatanganan MoU Polri dengan Kemendagri tentang Dana Desa,” katanya.

Amrin mengingatkan agar tidak terjadi penyimpangan dari penggunaan Dana Desa. “Kerjasama dengan Pemda dan Inspektorat Pemda. Kemudian, menjadi konsultan untuk ADD ataupun DD," ujarnya. Diakhir arahannya, Amrin juga berpesan agar para Bhabinkamtibmas yang memegang senjata api untuk rutin dan giat melaksanakan latihan menembak. (noi/bah)