Sambas Berikan Perlindungan TKI

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 336

Sambas Berikan Perlindungan TKI
PANTAU PROSES - Deputi perlindungan PNP2TKI Teguh Hendro Cahyono memantau proses pengurusan untuk menjadi TKI di LTSA P2TK LN bersama Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili dan Wakil Bupati, Hairiah. (SP/Noi)
Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili
"Alhamdulillah, kita Kabupaten pertama di Kalbar yang memiliki LTSA P2TK LN. Ini salah satu bukti nyata kita untuk melakukan kemudahan dan perlindungan kepada tenaga kerja kita"

SAMBAS, SP - Akhirnya Layanan Terpadu Satu Atap, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (LTSA P2TK LN) Kabupaten Sambas, pada Kamis (23/11) diresmikan.

Dikatakan Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili para pekerja migran Indonesia merupakan pahlawan devisa dan selayaknya dilayani sebagai pahlawan sesungguhnya.

"Dengan hadirnya LTSA P2TK LN ini harus memberikan pelayanan yang prima dan baik untuk tenaga kerja kita, berikan kemudahan untuk calon pekerja yang ingin bekerja di luar negeri," ujarnya saat acara peresmian.

Atbah juga mengatakan, bawah untuk peresmian LTSA P2TK LN di Kabupaten Sambas ini merupakan yang pertama di Kalimantan Barat.

"Alhamdulillah, kita Kabupaten pertama di Kalbar yang memiliki LTSA P2TK LN. Ini salah satu bukti nyata kita untuk melakukan kemudahan dan perlindungan kepada tenaga kerja kita," terangnya.

Orang nomor satu di Sambas tersebut menyampaikan, hampir 30 ribuan tenaga kerja asal Kabupaten Sambas yang bekerja di Malaysia, tentu memberikan kenyamanan dan keamanan adalah tugas dari pemerintah.

"Kita sadar betul, bahwa TKI kita di Malaysia sangat banyak, maka dengan kehadiran LTSA P2TK LN salah satu untuk melindungi mereka," terangnya.

LTSA P2TK LN kata Atbah, memang keberadaannya di Sambas, namun untuk pelayanannya bisa mengakomodir dari luar sambas. "Di sini bisa melayani TKI luar Kabupaten sambas," terangnya.

Untuk perlindungan kepada masyarakat, pihak pemerintah memberikan nomor kontak yang bisa dihubungi apabila TKI mendapatkan tidak kekerasan dan pelanggaran HAM di tempat bekerja.

Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Arifidiar mengatakan, LTSA P2TK LN akan menjamin keamanan para calon TKI yang ingin bekerja di luar negeri.Tujuh pintu instansi terkait yang ada di bawah satu atap ini tersambung dalam suatu sistem manajemen.

"Artinya membuat segala urusan baik itu keamanan, registrasi,data personil dan banyak lagi menjadi terjamin keamanannya," katanya.

DPRD Sambas sangat mengapresiasi dan mendukung komitmen ini, dengan cara terus membackup mutu peningkatan pelayanan serta keberlangsungannya. Keberadaan LTSA P2TK LN ini juga juga akan mempermudah upaya perlindungan bagi TKI.

"Dengan ini juga para tenaga kerja kita akan mudah untuk didata keberadaan mereka, serta bagaimana keadaan mereka di luar negeri," pungkasnya.

Sementara itu, tokoh pemuda Sambas, Jimmy Pratomo menegaskan, memang sudah seharusnya para TKI mendapatkan perlindungan hukum.

"Persoalan terpenting pada hari ini adalah proteksi bagi para pekerja migran Indonesia, melabel mereka sebagai pahlawan devisa adalah hal yang sia-sia jika memang saat di bekerja di luar negeri para TKI ini masih mendapatlan perlakuan semena-mena," tegas Jimmy.

Kendati demikian, Jimmy juga menyambut baik layanan satu pintu yang telah ada tersebut, dia berharap agar dapat mempermudah masyarakat untuk mengurus dokumen dan administrasi ketenaga kerjaan luar negeri.

"Namun kita juga sadar bahwa muara dari ketidak adilan yang didapatkan oleh para pekerja kita di luar negeri adalah, tidak adanya dokumen lengkap yang mereka miliki. Saya meyakini ini menjadi langkah awal untuk memproteksi mereka," pungkasnya.

Program Perbaikan Tata Kelola


DEPUTI perlindungan PNP2TKI Teguh Hendro Cahyono menyatakan LTSA P2TK LN di Indonesia merupakan salah satu program perbaikan tata kelola penempatan dan perlindungan TKI dalam upaya pelayanan kepada masyarakat.

"Khususnya untuk Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) bisa mengurus dengan mudah cepat dan aman di kantor ini," ungkapnya saat menghadiri peresmian tersebut.

BNP2TKI dikatakan Teguh merencanakan ke depannya akan ada 52 wilayah di Indonesia yang akan dibangun LTSA P2TK LN sampai dengan tahun 2019. Khusus di Kalimantan Barat, terdapat dua LTSA P2TK LN yang akan diresmikan tahun ini.

"LTSA P2TK LN Entikong dan hari ini LTSA P2TK LN Sambas. Pada bulan Desember tahun ini juga akan diresmikan 11 lagi yang menjadi prioritas BNP2TKI oleh Presiden Republik Indonesia," katanya.

Pelayanan di dalam LTSA P2TK LN Sambas dilakukan secara online, sistem yang mengintegrasikan lima instansi terkait di dalamnya.

"Lima instasni tersebut yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kantor Imigrasi, Polres,  dan P4TKI Sambas serta BPJS," pungkasnya. (noi/pul)