Kamis, 24 Oktober 2019


Kelapa Dalam Jawai Diekspor ke Thailand

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 745
Kelapa Dalam Jawai Diekspor ke Thailand

KELAPA DALAM - Dua orang pria terlihat sedang memindahkan buah kelapa dari gerobak ke dalam sebuah truk. Diketahui kelapa dalam dari daerah Kecamatan Jawai diekspor ke Thailand dan Tiongkok. (Net)

SAMBAS, SP - Kepala Balai Karantina Wilayah Kerja Sintete Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Cecep Suherman mengatakan saat ini kelapa dalam dari daerah Kecamatan Jawai di ekspor ke Thailand dan Tiongkok.

"Dua negara tersebut berdasarkan tujuan-tujuan ekspor kelapa terbesar yang dibawa dari kecamatan Jawai," ujar Cecep Suherman saat dihubungi di Sambas, Senin, (27/11).

Cecep menjelaskan buah kelapa Jawai didatangkan terlebih dahulu ke kota Singkawang, setelah itu baru dikirim mengunakan kontainer.

"Dari Singkawang ini baru dikirim menuju Pontianak.Menurut pengusaha buah kelapa itu hampir sebagian berasal dari Kabupaten Sambas tepatnya dari kecamatan Jawai," terangnya.

Ia menambahkan dalam hal ini pihaknya memastikan kelapa tersebut layak untuk di ekspor, setelah dilakukan pemeriksaan.

"Kelapa yang akan dibawa keluar tersebut dipastikan tidak mengandung bibit penyakit tanaman, dengan kondisi kulit luar sudah dikupas," katanay.

Sehingga dengan begitu hanya menyisakan sedikit sabut kelapa yang menempel di batok, serta buah kelapa yang dikirim tidak busuk dan tidak sedang tumbuh tunasnya.

"Karena jika itu terjadi maka kelapa itu dianggap afkir," terang Cecep.

Di tempat terpisah pemilik kebun kelapa di Kecamatan Jawai, Ermin mengatakan harga buah kelapa yang dibeli pengepul di kecamatan tersebut terbilang cukup menjanjikan. 

"Per kilogram buah kelapa yang dibeli hingga Rp2.600, dan itu tergantung besar kecilnya buah kelapa yang dijual dengan syarat buah yang sudah tua," pungkasnya. (ant/pul)