Senin, 23 September 2019


Polres Sambas Gelar Rakor Lintas Sektoral

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 341
Polres Sambas Gelar Rakor Lintas Sektoral

RAKOR - Polres Sambas menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral, di Aula Dira Wijaya Polres Sambas, Rabu (6/12). (SP/Kinoi)

SAMBAS, SP - Guna menciptakan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan damai. Polres Sambas menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral, di Aula Dira Wijaya Polres Sambas, Rabu (6/12).

Acara rakor lintas sektoral ini dihadiri oleh sejumlah pihak terkait, di antaranya KPUD Sambas, Kejari, Pemerinatah Daerah (Pemda), Kesbangpolinmas Sambas, Partai Politik, Panwascam, PPK, dan Polsek-polsek yang ada di wilayah hukum sambas. 

Wakapolres Sambas, Kompol Jovan R Sumual mengatakan, rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka menyambut pelaksanaan Pilkada 2018, serta bertujuan untuk menyamakan persepsi sinergitas antar lintas sektoral yang ada di Kabupaten Sambas.

"Pada rakor kali ini, kita mencari solusi bagaimana dalam upaya mewujudkan Pilkada aman, damai dan bermartabat di Kabupaten Sambas," katanya.

Di awal pertemuan ini, Polres dan pihak terkait lainnya melakukan pembahasan tentang persiapan pelaksanaan pengamanan dan tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten sambas. 

"Kemudian KPU,  Panwaslu, Polres Sambas, Pemda Sambas bersama-sama dengan para Pengurus Partai Politik akan membahas bagaimana teknis dalam  pelaksanaan Pilkada 2018 nantinya," terang Jovan.

Sementara untuk pelaksanaan pengamanan, sampai saat ini koordinasi Polres Sambas dengan stakeholder terkait berjalan dengan baik dan lancar.

"Seperti sebelumnya yang pernah saya informasikan, bahwa untuk proses pengamanan itu ada pola, dan metode yang harus dilakukan terlebih dahulu, kemudian baru menelaah kondisi berdasarkan TPS, DPT dan situasi yang berkembang pada saat nanti proses pelaksanaan Pilkada maupun tahap-tahapan sebelumnya," jelasnya.

Untuk penandatanganan komitmen bersama Pilkada damai akan dilaksanakan oleh KPUD Sambas. 

"Kalau sekarang ini tahap awal, untuk lintas sektoral membicarakan tahap awal semuanya, nanti setelah itu baru ada tahap berikutnya mungkin kami akan melaksanakan tahapan untuk Pilkada damai, penandatanganan atau pun hal-hal lain teknis yang harus dilakukan," tuturnya. (noi/bob)