Polres Sambas Aktifkan Layanan Panggilan Cepat

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 496

Polres Sambas Aktifkan Layanan Panggilan Cepat
PENJELASAN - Wakapolres Sambas, Kompol Jovan R Sumual saat menjelaskan tentang manfaat panggilan cepat 110, di Polres Sambas, Kamis (7/12). (SP/Kinoi)

Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Masyarakat


Kepolisian Resor Sambas, kini telah mengaktifkan layanan panggilan cepat dengan nomor dial 110. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat agar lebih cepat dan baik.

SP - Kepada awak media, Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadi Prabowo melalui Wakapolres Sambas, Kompol Jovan R Sumual mengatakan, layanan tersebut sudah dioperasikan sejak sebulan terakhir. Layanan panggilan tersebut tidak membebankan biaya kepada penelpon, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Layanan ini bebas pulsa, emergency call ini juga berlaku di seluruh Indonesia,  Call Center yang semula disalurkan secara terpusat di Jakarta, saat ini telah tersalurkan pula ke Polda serta Polres di seluruh Indonesia," ujarnya, Kamis (7/12).

Layanan tersebut kata Wakapolres akan tersedia selama 24 jam, nomor 110 tersebut juga dapat dihubungi menggunakan telepon selular. "Jadi dapat segera menghubungi nomor 110 dari perangkat telepon seluler (handphone) masing-masing, tapi ingat ini bukan untuk main-main," tegasnya.

Mengantisipasi hal tersebut, Wakapolres mengingatkan agar warga tidak coba-coba, karena pihak Polres Sambas bisa mendeteksi nomor yang digunakan untuk iseng pada saluran 110 tersebut.

"Skemanya begini, setelah warga menghubungi nomor layanan kepolisian 110 tersebut, operator kami akan menanyakan keperluannya apa, kemudian pelayanannya yang dibutuhkan seperti apa, nanti akan kita fasilitasi. Namun jika ada yang mencoba main-main, secara langsung akan terblokir nomor tersebut akan kami blokir," katanya.

Dengan semua peralatan yang pihaknya miliki, operator bisa mengetahui posisi koordinat penelpon, lokasi, nomor telepon bahkan IP-nya.Wakapolres mengimbau agar warga dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan bijak dan maksimal.

"Layanan kepolisian 110 ini jangan digunakan untuk main-main, manfaatkan dengan bijak dan saya harap sampaikanlah informasi terkait Kamtibmas di lingkungan masing-masing," terangnya.

Masyarakat Kabupaten Sambas juga bisa memanfaatkan layanan panggilan 110 ini untuk mengabarkan kejadian kecelakaan, kebakaran, informasi terkait SKCK, SPKT, SIM dan lain-lain. (kinoi/pul)