Disdukcapil Bekali Pekerja Migran Data Penduduk Luar Negeri

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 380

Disdukcapil Bekali Pekerja Migran Data Penduduk Luar Negeri
PENGARAHAN - Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kabupaten Sambas saat mendapatkan pengarahan tentang ketenagakerjaan dari instansi terkait, beberapa waktu lalu. (SP)
SAMBAS, SP - Cukup tingginya minat warga Kabupaten Sambas untuk merantau dan bekerja di luar negeri membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas harus melakukan terobosan.

Terobosan itu yakni mengeluarkan dokumen khusus bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sambas.

"Jadi para Pekerja Migran Indonesia Kabupaten Sambas kami bekali dengan dokumen identitas khusus. Ini kami lakukan sebagai langkah untuk merapikan administrasi kependudukan," ungkapnya, Selasa (16/1).

Dikatakan bahwa hal ini akan memudahkan Disdukcapil untuk mendata jumlah penduduk yang ada di Sambas secara real time.

"Jadi data kependudukan asli mereka (PMI) selama berangkat ke luar negeri kami simpan di Disdukcapil. Saat mereka pulang, maka mereka akan mengambilnya kembali. Dengan demikian kami juga tahu siapa saja PMI yang sudah pulang ke Sambas," jelasnya.

Pentingnya data kependudukan yang diperbarui, kata Sunaryo, juga berkaitan erat dengan Pemilu.

"Jadi kami juga bisa memastikan data kependudukan  kepada penyelenggara Pemilu. Ini bagi mereka akan sangat bermanfaat guna penetapan daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap," pungkasnya. (noi/bah)