Minggu, 22 September 2019


Pemprov Diminta Bangun Jalan Poros Teluk Kalong-Merbau

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 564
Pemprov Diminta Bangun Jalan Poros Teluk Kalong-Merbau

Ilustrasi. Net

SAMBAS, SP - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat diminta segera meningkatkan status pembangunan poros Teluk Kalong, Kecamatan Teluk Keramat dan Merbau, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas yang saat ini kondisi jalannya rusak parah.

Selain jalan, banyak jembatan yang merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kalbar dalam keadaan rusak, sehingga perlu ditingkatkan kapasitas pembangunannya, mengingat jalan poros Teluk Kalong-Merbau merupakan akses utama menuju perbatasan Indonesia-Malaysia.

Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Sambas, Mayadi Satar meminta Pemprov Kalimantan Barat tidak saja melakukan tambal sulam dalam perbaikan jalan Teluk Kalong-Merbau. Sebab, dari tahun 1980 sampai sekarang, tidak ada perubahan, sehingga perlu ditingkatkan volume dan ruas jalannya agar tidak cepat rusak.

"Mengapa pemerintah orde lama mampu melakukan pembangunan jalan ini, sedangkan pada era reformasi dan otonomi daerah justru pemerintah tidak bisa melakukannya. Padahal ini akses penting masyarakat menuju perbatasan antara negara yang sesuai dengan nawacita ketiga Presiden Republik Indonesia," katanya, Senin (29/1).

Selain itu, masyarakat Kecamatan Paloh juga meminta Anggota DPRD Kalimantan Barat Dapil Kabupaten Sambas untuk serius memperjuangkan pembangunan Jalan Teluk Kalong-Paloh yang merupakan tanggunjawab Pemprov Kalimantan Barat.

"Kami mendesak, siapapun yang kelak menjadi Gubernur Kalimantan Barat harus dapat memperjuangkan peningkatan volume dan ruas dan kapasitas Jalan Teluk Kalong-Merbau, sehingga akses jalan ini semakin baik,” katanya. 

“Sebab, kualitas jalan saat ini masih belum mampu menghadapi beban kendaraan yang kapasitasnya setiap tahun terus meningkat, sehingga jalan provinsi yang selalu ditambal sulam ini cepat rusak," sambungnya. 

Mayadi berpesan kepada penjabat sementara Gubernur Kalbar dapat mengambil langkah perbaikan Jalan Teluk Kalong-Merbau dan kepada gubernur terpilih semoga dapat memperjuangkan pembangunan jalan ini. (noi/bah)