Gegertani Ajak Pemuda Geluti Pertanian

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 359

Gegertani Ajak Pemuda Geluti Pertanian
SOSIALISASI –Gegertani Kabupaten Sambas menggelar sosialisasi mengajak pemuda menggeluti pertanian di Desa Puringan, beberapa waktu lalu. (SP/Kinoi)
SAMBAS, SP - Generasi Penggerak Pertanian (Gegertani) Kabupaten Sambas menggencarkan sosialisasi mengajak pemuda menggeluti pertanian.

Demikian yang diungkapkan Ketua Umum Gegertani Sambas, Sofiandi kepada Suara Pemred, Senin (19/2). Gegertani merupakan lembaga mitra pemerintah daerah dan pemerintah desa, dimana tujuan awalnya untuk membangkitkan minat pemuda dalam usaha pertanian.

Dikatakan bahwa Sabtu (17/2) lalu pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Puringan. 

"Program atau kegiatan yang sulit terjangkau atau perlu penguatan yang ada di dinas dan badan. Insya Allah akan kami bantu, terutama dalam melakukan pendampingan yang berkelanjutan,"  terangnya. 

Dalam sosialisasi tersebut turut dihadiri kepala desa Puringan, sekretaris desa, BPD, ketua karang taruna, PKK desa dan  Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Sofiandi yang juga sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas menerangkan, Desa Puringan merupakan desa yang berada di Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas. 

Secara geografis, desa ini memiliki sebuah sumber daya alam yang begitu subur untuk lahan pertanian, apalagi didukung dengan sumber daya manusianya yang aktif dari segi sosialnya.

Selain itu, Gegertani  juga bergerak bersama dinas pertanian dan ketahanan pangan, terutama dalam penyiapan generasi-generasi mudanya dan ibu-ibu untuk aktif sebagai pelaku utama maupun pelaku usaha pertanian.

"Secara bertahap, Gegertani akan menyiapkan kader-kader muda yang potensial di desa. Secara kelembagaan, kita akan membantu dalam pembentukan Kelompok Pemuda Tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT),” terangnya.

"Semoga One Village One Product bukan hanya sebagai slogan belaka, tapi target yang akan kita capai untuk menjadikan desa yang akan datang sebagai pusat kekuatan ekonomi masa depan," tambahnya.

Sementara Kepala Desa Puringan, Harsono mengapresiasi langkah Gegertani Kabupaten Sambas dalam melakukan pengawalan untuk calon generasi tani di desa

"Tentu ini sangat kita apresiasi kepada Gegertani Kabupaten Sambas yang menyiapkan calon generasi tani terutama pemuda tani di desa. Pihak desa siap mendukung terutama administrasinya yang berkaitan dengan organisasi pemuda tani di desa," katanya.

"Semoga dengan adanya pendampingan dari Gegertani, pemuda yang di desa lebih semangat dalam menyambut peluang yang ada di desa, terutama di dunia pertanian yang secara peluang memang masih besar untuk pemuda tani mengelolanya," pungkasnya. (noi/bah)