Rabu, 13 November 2019


80 Ribu Lebih Pekerja Migran Indonesia Diprediksi Mudik Lewat PLBN Aruk

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 274
80 Ribu Lebih Pekerja Migran Indonesia Diprediksi Mudik Lewat PLBN Aruk

Ilustrasi. (Net)


SAMBAS, SP - Lebih dari 80 ribu warga Kabupaten Sambas yang menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) diperkirakan akan pulang kampung lewat PLBN Aruk sebagaimana tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas, Ferry Madagascar. Menurut dia hal tersebut akan terulang pada libur Idulfitri kali ini.

"Pengalaman tahun lalu menjadi modal kita untuk mempersiapkan kepulangan lebih dari 80 ribu PMI yang bekerja di Malaysia dan pulang ke Sambas melalui pintu PLBN Aruk," ungkap Ferry, Sabtu (9/6).

Karenanya kata Ferry, pihaknya akan memaksimalkan armada yang ada untuk memberikan pelayanan kepada para PMI tersebut.

"Ada delapan bus yang terdapat di Aruk, kita tidak menambah, ini akan kita manfaatkan dan utamakan, untuk memastikan kondisinya, kita akan pantau langsung kelayakan armada tersebut di Aruk," katanya.

Tak hanya itu, mengantisipasi keterbatasan tampungan penumpang, Ferry juga mempersilakan angkutan carteran milik masyarakat untuk beroperasi, dengan syarat mendahulukan pengisian penumpang armada bus.

"Selain bus itu tadi, mobil carteran juga kita persilakan untuk mengangkut penumpang, tapi harus mendahulukan bus yang kita siapkan, ini untuk antisipasi, lagi pun yang 80 ribu itu kan tiba di Aruk tidak serempak," tuturnya.

Ferry berpesan agar semua pihak terkait dan masyarakat untuk sama-sama memberikan pelayanan yang baik kepada pemudik dari negeri Malaysia tersebut.

"Mudah-mudahan para pemudik tiba dengan sehat dan selamat, dan kita yang terlibat mesti memberikan pelayanan yang baik, jangan melebihi batas kecepatan saat berkendara dan selalu berhati-hati selama di perjalanan," pungkasnya. (noi)