Lomba Sampan Bidar di Muare Ulakan, Merivitalisasi Olahraga Budaya Kerajaan Sambas

Sambas

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 365

Lomba Sampan Bidar di Muare Ulakan, Merivitalisasi Olahraga Budaya Kerajaan Sambas
SAMPAN BIDAR – Sejumlah peserta lomba sampan bidan yang digelar di Muare Ulakan, Sambas, tampak saling adu cepat dalam mengayuh sampannya, Rabu , Rabu (4/7). Olahraga lomba sampan ini digelar untuk memperingati Hari Jadi Bhayangkata ke-72 dan Kota Sambas
Dalam Rangka memperingati Hari Jadi Bhayangkara ke-72 dan Kota Sambas Ke-387, Polres Sambas mengadakan lomba sampan bidar di Muare Ulakan, Rabu (4/7). Sebanyak 30 peserta dari berbagai desa ambil bagian, termasuk perwakilan Polres Sambas, TNI-AL dan Imigrasi.

SP - Kepala Bagian Operasional Polres Sambas, Kompol Ayin Nurrahman yang mewakili Kapolres Sambas AKBP Cahyo Hadi Prabowo mengatakan, lomba sampan bidar ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai sarana dalam memelihara budaya masyarakat Sambas, terutama yang berada di daerah pesisir karena telah menjadi olahraga tradisional turun temurun sejak jaman kerajaan tempo dulu.

“Oleh sebab itu kita bekerjasama dengan semua pihak agar kegiatan ini terselenggara dengan lancar,” kata Ayin, saat membuka lomba, Rabu (4/7).

Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kalbar, Abdi Nurkamil Mawardi menyampaikan ucapan terima kasih karena lomba samban bidar menjadi ajang lomba dalam memepringati Hari Jadi Bhayangkara dan Kota Sambas.

“Ini merupakan wujud melestarikan budaya sampan bidar. Selain ajang silaturahmi, momentum ini juga menjadi hiburan rakyat, dan ajang prestasi bagi atlit dayung untuk mengikuti ajang-ajang dayung baik di tingkat provinsi hingga nasional,” ujarnya.

Ketua Panitia, Uray Alimin mengatakan, lomba sampan bidar ini sendiri diikuti sebanyak 30 peserta dan acara tersebut diharap mempererat silaturahmi antar semua elemen masyarakat.

"Kita berafiliasi dengan Kesultanan Sambas, harapan kita semua ini akan mempererat kerja sama antar lembaga dan silaturahim bersama masyarakat, ini juga untuk mendukung keinginan Pangeran Ratu Muhammad Tarhan, agar lomba sampan bidar ini menjadi agenda nasional," ucapnya.

Para tamu yang hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Danlantamal Laksma TNI, Gregorius Agung W D M Tr selaku Pembina PODSI Kalbar, Abdi Nurkamil Mawardi selaku Ketua PODSI Kalbar, dan Kerajaan Sulu Filiphina yang diwakili YM Pehin Sri Farid Ibrahim. (nurhadi/ang)