Senin, 23 September 2019


Pesona Temajuk 2018, Sosialikasikan Germas kepada Masyarakat Perbatasan

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 410
Pesona Temajuk 2018, Sosialikasikan Germas kepada Masyarakat Perbatasan

PERIKSA KESEHATAN – Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili memeriksa kesehatannya dalam agenda Pesona temajuk 2018 yang digelar di Kecamatan Paloh, kemarin. Atbah berharap kegiatan tersebut juga bertujuan mengembangkan pariwisata lokal. (Ist)

Pesona Temajuk yang digelar Pemerintah Kabupaten Sambas di Kecamatan Paloh, berlangsung sukses. Agenda acara yang dilaksakan pada 13-15 Juli 2018 tersebut, mengedepankan berbagai kegiatan utamanya mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas.

SP - Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengatakan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengembangkan pariwisata lokal yakni Pantai Temajuk, di Kecamatan Paloh. 

"Pesona Temajuk Tahun 2018 adalah yang ketiga kalinya dilakukan, dan merupakan upaya mempopulerkan destinasi wisata di sana, sekaligus yang utama mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat," kata Atbah, Senin (16/7).

Pada beberapa hari kegiatan tersebut, juga dilakukan berbagai perlombaan yang menumbuhkan kebiasaan pola hidup sehat. Peningkatan sumber daya alam melalui lomba masakan dan minuman sehat juga dilakukan.

“Ini menunjukan komitmen pemerintah daerah yang sangat tinggi dalam pembangunan mewujudkan cita-cita bersama menuju Sambas hebat,” tegas bupati.

Atbah berujar, program pembangunan kesehatan di INDONESIA mengacu pada  tiga pilar Program Indonesia Sehat yaitu mengedepankan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pemenuhan universal health corverage melalui jaminan kesehatan nasional.

Kenapa dilaksanankan di Temajuk setiap tahunnya ? ini dikarenakan ada enam komponen utama dalam penguatan sistem kesehatan (sik building bloks) yang perlu diimplementasikan yaitu penguatan upaya pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan, sistem informasi kesehatan, akses terhadap ketersediaan obat esensial, pembiayaan dan kepemimpinan dan pemerintahan. “Maka dengan itu kami datang ke Temajuk bukan sekedar berwisata ria,” jelasnya.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat Temajuk dan para pengunjung. Pemkab datang dengan tujuan pendekatan akses pelayanan kesehatan, dengan membawa Tim Kesehatan Bergerak (TPKB) yang terdiri dari beberapa dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, apoteker, perawat, bidan, perawat gigi, sarjana kesehatan masyarakat, sanitarian, ahli gizi, analis labotarium kesehatan dan banyak tenaga kesehatan lainnya yang membantu masyarakat Temajuk mengakses pelayanan kesehatan.

Hal ini membuktikan kepedulian dan komitmen pemerintah dalam hal pemenuhan pelayanan publik. "Saya mengharapkan seluruh jajaran nantinya dapat merencanakan program -program strategis untuk kemakmuran kita bersama,” pungkasnya. (nurhadi/ang)