Polisi Sambas Gagalkan Penyelundupan Ribuan Butir Telur Malaysia

Sambas

Editor Indra W Dibaca : 293

Polisi Sambas Gagalkan Penyelundupan Ribuan Butir Telur Malaysia
Pelaku dan ribuan butir telur Malaysia diamankan di Mapolres Sambas. ( SP/Noy)
SAMBAS, SP - Satreskrim Polres Sambas, berhasil mengamankan 18 ribu telur ayam ilegal asal negara Malaysia.

Kasatreskrim Polres Sambas, AKP Raden Real Mahendra mengatakan, barang bukti sebanyak 18 ribu butir telur tersebut, diangkut oleh terduga pelaku berinisial YUD menggunakan satu buah mobil pickup.

"Kita menangkap terduga pelaku di Jalan Raya Galing, Selasa kemarin tanggal 24 Juli sekitar pukul 12.05, telur dibawa menggunakan satu buah mobil pickup," ungkapnya, Rabu (25/7).

Terduga pelaku yang merupakan warga Desa Senatap, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas ini tak berkutik saat aparat menghentikan laju kendaraannya, dan mendapati ribuan telur ilegal asal Malaysia yang dibawanya.

"Kita mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada satu unit mobil pick up Mitsubishi T120 SS KB 8135 AQ, sedang mengangkut telur ayam yang diduga berasal dari negara Malaysia tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah," kata Kasat Reskrim.

Setelah dilakukan pemeriksaan, terduga pelaku tidak bisa menunjukkan surat-surat yang diperlukan mengenai telur impor tersebut.

"Kami mengecek muatan yang diangkut mobil tersebut dan terdapat telur ayam yang diduga berasal dari negara Malaysia yang tidak dilengkapi dengan ijin edar.

Adapun telur tersebut dibeli dari penjual yang berada di kawasan PLBN dengan menggunakan fasilitas KILB. Jumlah telur ayam sekitar 18.000 butir," paparnya.

"Selanjutnya terhadap pelaku dan barang bukti dibawa ke Mapolres Sambas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan terduga pelaku terancam Pasal yang dipersangkakan Pasal 31 ayat (1) UU RI Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan," imbuhnya.(noi)