12 Bacaleg di Sambas Dilaporkan Masyarakat

Sambas

Editor Indra W Dibaca : 527

12 Bacaleg di Sambas Dilaporkan Masyarakat
Ilustrasi. (Net)
SAMBAS, SP - Masa penerimaan masukan dan tanggapan atas Daftar Calon Sementara (DCS) bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Sambas, dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Sebanyak 12 Bacaleg yang termuat di dalam DCS yang telah diumumkan KPUD Sambas melalui media massa, dilaporkan warga kepada KPUD Kabupaten Sambas.

"Ada 12 bacaleg yang dilaporkan oleh masyarakat dari sejak diumumkan hingga per 14 Agustus kemarin kepada KPUD Sambas," ungkap Komisioner KPUD Sambas, Martono, Senin (20/8).

Secara umum, kebanyakan laporan yang disampaikan oleh masyarakat tersebut, kata Martono adalah seputar status Bacaleg.

"Diantara yang dilaporkan oleh masyarakat kepada kita yakni terkait status bacaleg, diantaranya menurut laporan tersebut, beberapa bacaleg masih berstatus sebagai kepala desa, BPD dan staf desa atau perangkat desa," bebernya.

KPUD kata Martono akan menampung dan melakukan verifikasi terhadap adanya setiap laporan terkait DCS Bacaleg yang masuk.

"Kita pasti akan lakukan verifikasi terhadap adanya laporan, kalau laporan masyarakat ini benar, maka mereka harus membuat surat permohonan pengunduran diri sebagai kepala desa, BPD dan perangkat desa, dan Surat Keputusan telah mengundurkan diri mereka harus sudah diterima oleh KPU paling lambat 1 hari sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT)," paparnya.

Kemudian Parpol harus juga menyampaikan klarifikasi usai dilakukan verifikasi kepada mereka yang dilakukan pada tanggal 22 sampai 28 Agustus.

"Masa tanggapan dimulai sejak dari 12 sampai 21 Agustus, lalu dilakukan klarifikasi kepada parpol pada tanggal 22 sampai 28 Agustus, kemudian penyampaian klarifikasi dari parpol kepada KPU 29-31 agustus," jelas Martono.

Setelah itu yang bacalegnya ingin diganti maka bisa melakukannya pada tanggal 4 sampai 10 September, kemudian para bacaleg pengganti akan dilakukan verifikasi pada 11 sampai 13 September 2018.

"Verifikasi pengganti DCS dilakukan selama tiga hari, kemudian tahap berikutnya yakni penyusunan dan penetapan DCT pada 14-20 September, lalu diikuti dengan pengumuman DCT pada 21 sampai 23 September 2018, ini akan kita umumkan di media massa," pungkasnya. (noi)