Kirab Pemuda Disambut Hangat di Sambas

Sambas

Editor Angga Haksoro Dibaca : 383

Kirab Pemuda Disambut Hangat di Sambas
Sambas, SP – Pemerintah Kabupaten Sambas menyambut 54 Peserta Kirab Pemuda Indonesia 2018. Tiba dini hari tadi, peserta kirab terkesan dengan sambutan warga Desa Lumbang tempat mereka menginap.   Syahidah Azzahra, peserta kirab pemuda asal DKI Jakarta mengaku sambutan warga yang hangat akan terus membekas dalam ingatan.

“Begitu tiba di Sambas, saya terkesan dengan keramahan penduduk di desa tempat kami menginap. Mereka susah payah menyambut kedatangan kami pukul 2 dini hari. Pasti melelahkan menyiapkan banyak hal. Tapi masyarakat di di desa itu selalu terseyum,” kata Azzahra, Selasa (16/10).

Setelah berkesempatan melihat banyak daerah, Azzahra menemukan bahwa, Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam. Pemuda hadir untuk lebih menyatukan budaya tersebut.

“Indonesia sangat kaya budaya. Kami telah mendatangi 11 provinsi dan tugas kami sebagai pemuda untuk lebih menyatukan Indonesia dengan segala keberagamannya,” ujar Azzahra.

Hal senada disampaikan Saddam Husein peserta Kirab dari Kota Sabang, Provinsi Aceh. “Mulanya saya mengira di Sambas ini banyak suku Dayak, ternyata orang Melayu. Saya sangat tertarik dengan budayanya, dan bagaimana kehidupan warga di sini. Masyarakat sangat sopan dan ramah,” ujar Saddam.

Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengatakan, peserta kirab akan disuguhkan pertunjukan budaya. “Hal yang ingin kami tunjukkan bahwa budaya di Kabupaten Sambas sangat beragam. Kami punya sungai, perbatasan, dan budaya lokal. Dari  rangkaian kegiatan akan menunjukkan, bahwa keberagaman bisa menyatu di sini,” ujar Hairiah.

Peserta kirab kata Hairiah akan diajak mengunjungi desa wisata tenun Sambas, yaitu Desa Sumber Harapan di Kecamatan Sambas. “Kami juga akan menunjukkan seni tenun sambas yang telah mendapatkan penghargaan PBB. Lalu budaya makan besaprah dan pameran prestasi pemuda Kabupaten Sambas.”   

Masyarakat Desa Lumbang, Sambas menyediakan 25 rumah tinggal untuk tempat menginap para peserta kirab. Sejumlah kegiatan budaya disiapkan warga desa, antara lain betangas, mandi lulur dan sauna khas warga Sambas. Peserta Kirab Pemuda 2018 akan berada di Kabupaten Sambas hingga 19 Oktober 2018. Beragam kegiatan akan dilakukan selama di Sambas antara lain lomba tari, pawai budaya, dan bakti sosial.