BPBD Sambas Minim Pengalaman Tangani Banjir

Sambas

Editor Angga Haksoro Dibaca : 205

BPBD Sambas Minim Pengalaman Tangani Banjir
Sambas, SP- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sambas, meminta warga untuk bergotong royong membersihkan saluran air. Curah hujan diperkirakan meningkat pertengahan Oktober.

“Intensitas hujan cukup tinggi, namun masih cukup aman untuk Kabupaten Sambas.  Guna mengantisipasi banjir akibat hujan, masyarakat kami minta bergotong royong membersihkan saluran air,” Kepala BPBD Kabupaten Sambas, Yudi, Rabu (17/10).

Yudi mengakui, beberapa waktu terakhir terjadi banjir akibat hujan deras di beberapa daerah. “Banjir pasang bisa terjadi di bantaran sungai seperti di kecamatan Sejangkung, Sambas, Selakau, dan Selakau Timur Subah,” katanya.

BPBD Sambas akan meningkatkan status tanggap darurat bencana. “Sejauh ini BPBD Kabupaten Sambas belum memiliki peralatan, karena baru terbentuk Januari 2018. Peralatan dimiliki oleh Dinsos dan pemadam kebakaran dan ini dapat kami berdayakan untuk sementara.”  

Yudi juga menyebut 20 personel BPBD belum memiliki keahlian khusus menangani banjir dan kebakaran hutan dan lahan. ”Kami akan melibatkan pihak yang berkompeten dalam penanggulangan banjir,” katanya.