Cegah Pernikahan Dini, Ini yang Dilakukan Pemda Sambas

Sambas

Editor Mul Dibaca : 198

Cegah Pernikahan Dini, Ini yang Dilakukan Pemda Sambas
SOSIALISASI -Wagub Kalbar, Ria Norsan menghadiri kegiatan Sosialisasi Genre Ceria di Sambas, Kamis (13/12)
SAMBAS, SP - Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan menghadiri kegiatan Sosialisasi Generasi Berencana (Genre) Ceria yang digelar oleh BKKBN Perwakilan Kalbar di Halaman Istana Alwatzikhoebillah Sambas, Kamis (13/12).

"Harapan kita, angka pernikahan dini yang cukup tinggi di Kalbar, Sambas khususnya bisa menurun. Kegiatan ini memberikan kontribusi baik bagi masyarakat, agar semakin sadar akan pentingnya keluarga berencana," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengakui bahwa angka pernikahan dini di Kabupaten Sambas memang tergolong tinggi. Karena itu, pemda selalu melakukan sosialisasi.

"Salah satu upaya kita untuk menekan angka pernikahan dini adalah melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan orangtua. Misalnya dalam setiap kegiatan yang melibatkan banyak orang selalu disampaikan pesan kepada orangtua," ungkapnya.

Menurut Hairiah, pernikahan dini juga disebabkan oleh pergaulan anak - anak remaja yang cenderung bebas, sehingga mau tidak mau menikah muda menjadi jalan penyelesaian. (noi/bob)