Atbah Ingin Jembatan Asam dan Batu Tak Dilewati Kendaraan Besar

Sambas

Editor hendra anglink Dibaca : 62

Atbah Ingin Jembatan Asam dan Batu Tak Dilewati Kendaraan Besar
SAMBAS, SP - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menginginkan Jembatan Asam dan Jembatan Batu tidak lagi dilewati kendaraan roda enam atau di atasnya. 

Menurut dia, kedua jembatan tersebut memiliki nilai historis yang mesti dijaga bersama.

"Saya sudah sampaikan ke Dinas Perhubungan  Sambas, lalu juga sudah dibuat draft keputusan bupati untuk melarang kendaraan roda enam, seperti bus dan truk untuk melewati dua jembatan itu," kata Atbah, Jumat (11/1).

Kebijakan itu juga dinilai akan mengurangi kemacetan di dua jembatan yang dibangun pada tahun 1941 tersebut.

"Kita mesti mencari upaya agar jembatan ini tetap lestari, karenanya setiap kendaraan roda enam ke atas harus melewati jalan lingkar Kartiasa," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Sambas, Ferry Madagaskar menyambut positif keinginan tersebut, dan akan melakukan kajian mendalam melalui forum lalu lintas yang melibatkan pihak terkait.

"Keduanya jembatan tua, meskipun tampak masih sangat kokoh, namun volume kendaraan semakin lama semakin tinggi, karena itu juga sering terjadi macet," ucapnya. 

Dishub akan berkoordinasi dengan berbagai pihak,  bahkan termasuk awak media, terkait rekayasa pengalihan lalu lintas, saat kebijakan tersebut benar-benar diterapkan.

"Dalam waktu dekat kita akan menggelar Rakor," tutupnya. (noi)