Heronimus: Kuota Pupuk Subsidi di Sambas Batal Dikurangi

Sambas

Editor Admin Dibaca : 254

Heronimus: Kuota Pupuk Subsidi di Sambas Batal Dikurangi
Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalbar, Heronimus Hero
SAMBAS, SP - Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalbar, Heronimus Hero mengatakan, kuota pupuk bersubsidi untuk petani di Sambas dipastikan tak dikurangi pemerintah pusat.

"Sudah tervalidasi, kita kemarin juga rapat dengan komisi IV DPR RI dan disepakati bahwa, rasionalisasi pupuk mengacu pada tahun sebelumnya, yang masih menggunakan lahan sesuai statistik pertanian yaitu di 320 ribu hektare," kata Heronimus, kemarin.

Sebelumnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN), melakukan pendekatan penentuan wilayah dengan citra landskap (satelit), sehingga dari penghitungan tersebut, diterbitkanlah Kepmen ATR BPN 399 Tahun 2018, yang menyatakan bahwa luas lahan sawah baku di Sambas, dari 66.700 hektare menjadi 34.400 hektare.

"Itu masih mengacu pada penetapan lahan oleh Menteri Agraria yang waktu itu menetapkan Kalimantan Barat sekitar 155.818 hektare padahal aslinya kita di kisaran 320.000 hektare," bebernya.

Hal ini memicu protes dan keberatan Dinas Pertanian seluruh Indonesia, alhasil keputusan untuk menggunakan data Kepmen ATR BPN 399 Tahun 2018, urung dilakukan dan pupuk bersubsidi tak jadi dikurangi. (noi)