Selasa, 19 November 2019


Pengurus Dewan Masjid Sambas Dilantik, Generasi Muda Didorong Memakmurkan Masjid

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 187
Pengurus Dewan Masjid Sambas Dilantik, Generasi Muda Didorong Memakmurkan Masjid

PELANTIKAN – Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan yang juga menjabat Pimpinan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalbar melantik, Hasanusi sebagai Ketua DMI Sambas, di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (26/2). (SP/Nur)

Ketua DMI Sambas, Hasanusi
"Program kita berpedoman pada DMI pusat dan DMI wilayah, salah satunya mendorong keterlibatan generasi muda memakmurkan masjid"

SAMBAS, SP - Pimpinan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalbar, Ria Norsan melantik pengurus Dewan Masjid Indonesia Sambas. Pelantikan dilakukan di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (26/2).

Usai acara pelantikan, Ria Norsan yang juga menjabat Wakil Gubernur Kalbar mengatakan, saat ini banyak masjid megah dibangun. Ia menilai ini sangat baik. Namun ia menekankan ada esensi penting yang juga mesti menyertai pembangunan masjid.

"Di mana-mana masjid megah dibangun, ini sangat kita apresiasi. Tapi jangan sampai hanya berlomba bangun masjid tapi jamaah kurang, memakmurkannya kurang, inilah yang harus kita jaga dan kita tingkatkan," katanya.

Mengurus masjid, kata Norsan merupakan pengabdian. Tak ada honor yang ditetapkan, karena merupakan bentuk abdi seorang hamba untuk membesarkan agama Islam.

"Mengurus masjid tidak ada honornya, mengurus masjid kita hanya mengharapkan pahala. Dan ingat, dalam kepengurusan masjid jangan sampai sesama pengurus yang dilantik ada perbedaan yang prinsip tentang agama," ingat dia.

Masjid kata Ria Norsan mestilah menjadi pusat pendidikan bagi masyarakat muslim, sarana dakwah dan musyawarah untuk kemaslahatan umat.

"Kepada pengurus saya minta lakukan peningkatan sumber daya masjid, mari jadikan masjid sebagai wadah pemersatu umat, lakukan diskusi dan musyawarah masjid didalamnya," ajaknya.

Masjid kata dia, juga merupakan sarana penyampaian informasi yang edukatif dan menyampaikan pesan pesan kondusif. Ia juga berpesan kepada masyarakat menjaga kekompakan dan mampu memberikan warna, namun tidak arogan.

"Jadikanlah Islam sebagai agama rahmatan lil alamin, bukan hanya untuk umat Islam, tetapi merangkul mereka yang bukan muslim dengan lembut, mari pererat persatuan, jadikan perbedaan perekat untuk membangun Indonesia, Kalimantan Barat dan khususnya Sambas," ajaknya.

Ketua DMI Sambas yang dilantik, Hasanusi mengatakan akan mendorong generasi muda memakmurkan masjid. "Program kita berpedoman pada DMI pusat dan DMI wilayah, salah satunya mendorong keterlibatan generasi muda memakmurkan masjid," ujarnya.

Generasi muda kata dia, mesti berperan dalam mengadakan kegiatan positif, tak hanya beribadah saja di Masjid."Kita akan dorong pembentukan organisasi remaja masjid, kemudian taman pendidikan Alquran di masjid," jelasnya.

Kemudian program lainnya kata Hasanusi yaitu memperbaiki manajemen di Sambas. "Fokus kita juga pada manajemen masjid, persoalan kepengurusan, aset dan wakaf tanah masjid yang saat ini masih banyak bermasalah, banyak masjid yang belum tertata dengan baik, apakah kita ada melihat perpustakaan di masjid, ini yang belum terasa," pungkasnya. (noi/jee)