Imtek Sambas Galakkan Pelatihan Menulis

Sambas

Editor elgiants Dibaca : 77

Imtek Sambas Galakkan Pelatihan Menulis
Ist
SAMBAS, SP – Kabid Pengembangan Ikatan Mahasiswa Teluk Keramat (Imtek), Muhammad Rifaie mengatakan, budaya menulis di era milenial sekarang ini semakin menurun. Oleh karenanya kegiatan seperti pelatihan jurnalistik harus kerap digelar.

Menurut dia, generasi milenial telah banyak terpapar sifat malas untuk menghasilkan karya tulis. "Ini disebabkan generasi milennial memiliki perangkat telepon pintar yang terintegritas dengan internet, sehingga dengan mudahnya untuk cukup membaca saja, atau menyalin dan membagikan," kata Rifaie, Minggu (17/3).

Kondisi tersebut membuat kaum muda dan mahasiswa kehilangan kemampuan mereka untuk menghasilkan karya tulis.  “Generasi milenial lebih memilih menulis di media sosial ketimbang menulis di buku atau hal yang bermanfaat lainnnya, itupun dengan cara mennyalin saja, tidak terdapat gagasan konstruktif yang bisa mendatangkan manfaat besar," ujarnya.

Melihat kondisi tersebut Imtek akan rutin melaksanakan pelatihan jurnalistik, ini akan mengasah kemampuan menulis mahasiswa dan mempertebal nilai kritis mereka terhadap kondisi terkini.

"Kita selalu rutin melaksanakan pelatihan jurnalistik untuk mahasiswa dengan harapan tak hanya membuat kemampuan menukis dan menambah wawasan kawan-kawan, namun juga mengasah sikap kritis yang bisa dituangkan lewat tulisan yang otentik, baru kemudian dikonsumsi baik itu dicetak atau melalui media sosial," jelasnya.

Karna dengan menulis bisa menyampaikan informasi, menyadarkan dan membangun opini publik ataupun bisa juga berupa kritik kepada pemerintah. Lebih lagi membaca dan menulis, merupakan faktor penting dalam membentuk sebuah peradaban bangsa. (noi/ang)