Caleg Terpilih Wajib Serahkan LHKP

Sambas

Editor elgiants Dibaca : 332

Caleg Terpilih Wajib Serahkan LHKP
KONSULTASI – Konsultasi penyampaian LHKP oleh yang dibuka untuk pejabat negara. KPU mewajibkan Caleg yang terpilih pada Pemilu 2019 wajib menyertakan LHKP sebagai syarat pelantikan. Ketentuan ini telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).
SAMBAS, SP – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas, Martono mengatakan calon anggota legislatif (Caleg) terpilih pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 harus telah menyerahkan Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).

Ketentuan ini telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Calon Terpilih.
"Calon terpilih anggota DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota wajib melaporkan harta kekayaan pada instansi yang berwenang memeriksa laporan harta dan kekayaan penyelenggara negara," katanya.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengingatkan kepada Caleg petahana agar melaporkan kekayaan mereka. Imbauan ini, dikatakan Maryono seharusnya dipatuhi oleh Caleg petahana di Sambas.

"Caleg yang terpilih mesti melaporkan harta kekayaan mereka melalui LHKPN. Kita belum terima juklak dan juknisnya, tetapi ini diamanatkan dalam PKPU dan ada tata cara yang akan kita sampaikan ke Caleg terpilih," jelasnya.

Berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2019, kembali dijelaskan Martono, laporan LHKPN paling lambat dilakukan sepekan setelah Caleg terpilih dilantik menjadi anggota legislatif.

"Pelaporan harta kekayaan Caleg terpilih paling lambat disampaikan tujuh hari, setelah penetapan KPU," ujarnya.

Mengenai sanksi jika Caleg terpilih belum menyampaikan LHKP, KPU Sambas masih menunggu instruksi dari KPU RI.

"Kalau sanksinya jika hingga lebih dari batas waktu yang ditentukan, kita menunggu arahan dari KPU RI," imbuhnya.

Kepada Caleg, Martono mengimbau mereka untuk dapat membuat LHKP, mengingat saat ini masih dalam masa kampanye.
"Bersiap saja agar nanti tidak kewalahan, laporan LHKPN hanya untuk yang terpilih, bukan untuk Caleg saat ini," katanya.

Salah satu Caleg dari Partai Hanura, Muhamad Padli mengatakan siap membuat LHKPN jika terpilih menjadi Anggota DPRD Sambas.
"Kita tentu siap melaporkan harta kekayaan kepada lembaga berwenang, karena itu tanggung jawab sebagai pejabat negara, dan kita harus patuh jika terpilih," yakinnya. (noi/jee)