Pemkab Rencana Relokasi Pedagang Lelong

Sambas

Editor elgiants Dibaca : 37

Pemkab Rencana Relokasi Pedagang Lelong
Pedagang lelong – Sejumlah pedagang lelong di Sambas tengah merapikan lapak jualannya. Pemkab Sambas berencana akan merelokasi tempat berjualan pedagang lelong. Rencana ini ditentang pedagang.
SAMBAS, SP – Pemkab Sambas berencana merelokasi pedagang lelong ke Jalan Pembangunan, tepatnya di lokasi Car Free Day yang berdekatan dengan Kantor Bupati Sambas.

"Memang ada usulan relokasi. Kita sedang menelaah agar keputusan yang diambil tidak merugikan pihak manapun. Kepada pedagang silakan berjualan dengan tenang di lokasi sekarang," kata Bupati Sambas, Atbah kepada Suara Pemred, Minggu (14/4).

Upaya pendekatan, diakui Atbah akan dilakukan secara halus agar solusi yang didapat adalah keputusan bijak.
"Kami berupaya melakukan pendekatan dan komunikasi agar kebijakan yang kita ambil bukan berdasarkan kekuasaan, tapi mengedepankan kepentingan masyarakat," ujar Atbah.

Beberapa faktor dan usulan yang jadi pertimbangan relokasi kata Atbah salah satunya tinjauan secara hukum tentang pedagangan lelong atau barang bekas pakai tersebut.

"Dari usulan memang ke depan kita punya lokasi Car Free Day yang akan kita promosikan, kita harap ini jadi lokasi yang ramai. Di sini akan jadi tujuan rekreasi akhir pekan, dengan semakin banyak yang berjualan semakin ramai pula yang datang," kata Atbah.

"Kita juga berupaya mengajak pedagang pelan-pelan untuk menjual produk lain yang tidak menyalahi aturan bea cukai," sambungnya.

Bupati juga akan mengupayakan adanya pembinaan dan bantuan kepada para  pedagang kecil tersebut. "Sebagai pedagang kecil, perlu dibentuk komunitas pedagang agar bisa berkomunilasi dengan pemerintah daerah, agar bisa diberikan bantuan," tutur Bupati. 

Salah seorang pedagang lelong di Sambas, Eko mengatakan keberatan dipindahkan dari lokasi tempatnya berdagang. Menurutnya pedagang lelong selama ini tertib dan tidak meninggalkan kerusakan dan tidak mengotori lokasi berjualan.

"Kami tidak meninggalkan tempat jualan sebelum dibersihkan, kita kan ditumpangi pemerintah, jadi tanggung jawab kita menjaganya," tukas Eko

Dukungan bagi pedagang lelong juga datang dari Wakil Ketua DPRD Sambas, Misni Safari.

"Saya sependapat dengan para pedagang, untuk saat ini saya kira masih tidak ada masalah yang ditimbulkan pedagang," kata Misni Safari. (noi/jee)