Polisi Pastikan Pleno PPK Belangsung Aman

Sambas

Editor elgiants Dibaca : 102

Polisi Pastikan Pleno PPK Belangsung Aman
Pleno PPK – Anggota PPK melakukan proses penghitungan surat suara. Proses pleno di 19 kecamatan di Sambas berlangsung aman dan terus dikawal aparat kepolisian.
SAMBAS, SP – Kabag Ops Polres Sambas, Kompol Ayin Nurrohman mengatakan, sidang pleno Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) Pemilu 2019 di 19 kecamatan di Sambas berlangsung lancar dan aman.

"Sampai hari ini pelaksanaan sidang pleno di seluruh PPK aman dan lancar, suasana juga sangat kondusif," katanya usai meninjau Pleno PPK Sambas, Minggu (21/4).

Kepolisian, dikatakan Ayin akan terus memberikan pengamanan terhadap pelaksanaan pleno hingga selesai. Sejumlah aparat telah diturunkan di setiap titik pelaksanaan pleno.

Proses sidang pleno PPK, diakui Ayin memang sangat panjang dan melelahkan. Namun aparat kepolisian akan selalu sigap dalam memberikan pengamanan.

"Kalau rasa lelah itu tentu ada, akan tetapi aparat kita tentu selalu sigap untuk mengamankan proses Pemilu yang merupakan tanggung jawab kita semua dan bagian dari pengabdian kepada NKRI," ungkapnya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas, Martono mengatakan Sidang Pleno PPK sudah ada yang selesai dilaksanakan.

"Hari ini informasinya jika tidak ada halangan dan rintangan, sidang pleno di Kecamatan Jawai Selatan akan selesai pada pukul 17.00 WIB," ungkapnya.

Selain di beberapa Kecamatan lain sidang pleno juga memasuki proses akhir, kemungkinan dalam sehari ke depan sudah selesai.

"Semua pihak berupaya agar ini selesai tepat waktu, beberapa kecamatan misalnya Tebas sudah mulai menggeser kotak suara ke kabupaten, namun masih dilangsungkan pleno untuk beberapa desa," jelasnya.

Lama waktu pleno di tiap kecamatan, kata Martono berbeda, ini tergantung dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada.

"Lama pleno tergantung jumlah TPS, semakin banyak desa, makin banyak TPS dan semakin lama pula proses pleno. Sedangkan untuk sidang pleno di tingkat kabupaten direncanakan 1 Mei 2019," pungkasnya. (noi/jee)