MUI Sambas Ajak Umat Jaga Persatuan Saat Ramadan

Sambas

Editor elgiants Dibaca : 30

MUI Sambas Ajak Umat Jaga Persatuan Saat Ramadan
Bantuan - Pengurus Masjid Al-Hilal, Desa Sekura, Kecamatan Teluk Keramat, menerima bantuan usai pelaksanaan Safari Ramadan yang dihadiri Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sambas, Sumar'in Asnawi.
SAMBAS, SP – Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sambas, Sumar'in Asnawi mengatakan Ramadan merupakan bulan penuh keberkahan. Hadirnya Ramadan mestinya dijadikan ajang untk memperkuat ibadah, menguatkan silaturahmi dan merekatkan kesatuan umat. 

"Umat Islam mestinya bijak dan arif menyikapi perbedaan khilafiyah, utamanya dalam tatacara ibadah shalat tarawih Ramadhan, jangan sampai karena perbedaan pendapat dan amaliyah umat Islam terpecah belah, saling benci terhadap sesama," kata saat Safari Ramadan di Masjid Al-Hilal, Desa Sekura, Kecamatan Teluk Keramat, Kamis (9/5).

Sebagai umat Islam, disampiakan dosen IAIS Sambas ini, mempunyai rasa malu lantaran sebagai umat yang besar tetapi masih sulit untuk bersatu.

"Kami MUI Sambas selalu berkomitmen agar jangan sampai perbedaan menjadikan kita saling membenci. Perbedaan merupakan fitrah dalam hidup dan akan mendatangkan rahmat kalau kita arif menyikapinya,” ungkapnya.

Al-Quran kata Sumar'in merupakan  way of life bagi umat Islam dan begitu jelas diungkapkan bahwa pentingnya untuk menjaga persatuan sebagaimana terungkap dalam Sura Ali Imran Ayat 103.

"Maka kami MUI selalu berupaya untuk menjadi penyejuk, perekat dan mampu memberikan pembinaan pada umat Islam," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ustaz Suadoeni, ustaz Nasrudin dan Karlan selaku penceramah.  Dalam tausiyahnya, Karlan mengingatkan pentingnya menjaga keimanan dan menguatkan ibadah di bulan Ramadan. 

"Ramadan tidak datang tiap hari, tapi hanya sebulan selama setahun. Karenanya sebagai umat Islam harus bersyukur masih hadir di bulan Ramadan dan berupaya maksimal menjadikan Ramadan sebagai ajang bertobat dan memperbaiki diri," pungkasnya. (noi/hms/jee)