Kelompok Masyarakat Buat Program Atasi Sampah

Sambas

Editor elgiants Dibaca : 40

Kelompok Masyarakat Buat Program Atasi Sampah
Pasang Jadwal – Masyarakat yang tergabung dalam KSM TPS 3R Desa Lumbang, Kecamatan Sambas memasang jadwal penjemputan sampah. Sampah yang dikumpulkan dari masyarakat nantinya akan diolah kembali.
SAMBAS, SP - Kelompok Swadaya Masyarakat Tempat Pengelolaan Sampah Residu, Reuses, Recycle (KSM TPS 3R) Desa Lumbang, Kecamatan Sambas membuat program penanganan sampahan.

Ketua KSM Abdi Kurnianto mengatakan, program KSM TPS 3R bertujuan untuk mengurangi sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir. Sedangkan untuk sampah organik dijadikan kompos, sementara an-organik didaur ulang atau digunakan kembali.

Sampah organik, kata Doyok, sapaan akrab Abdu Kurnianto yang dijadikan kompos merupakan sampah yang bisa diurai. Seperti daun kering, kotoran hewan, sisa pengolahan tanaman dan pengolahan makanan.

"Sampah an-organik seperti plastik, kaleng besi dan sebagainya akan didaur ulang atau dimanfaatkan kembali, sampah ini tidak bisa terurai," ungkapnya, Selasa (14/5).

Persoalan sampah, disampaikan Doyok tidak pernah selesai, bahkan akan terus meningkat. Hal inikarena daya beli masyarakat terhadap berbagai jenis bahan pokok dan hasil teknologi serta meningkatnya usaha.

"Sehingga bila persoalan sampah tidak ditangani segera, maka kondisi tersebut akan sulit dikendalikan, bahkan bisa menimbulkan penyakit," tuturnya.

Untuk saat ini program TPS 3R telah menyentuh sekitar 400 kepala keluarga di Desa Lumbang. Untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat juga dilakukan sosialisasi ke sekolah dan rumah tangga.
“Sosialisasi juga dilakukan berbentuk event dan joging sambil memungut sampah," jelasnya.

Masyarakat, kata Doyok hanya mengumpulkan sampah di rumahnya, karena setelah itu, tim kita akan menjemput sampah tersebut.

"Untuk jadwal penjemputan Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu. Sementara Kamis dan Minggu dilakukan pemilahan sampah," pungkasnya. (noi/jee)

Komentar