670 Cakades Ikut Tes CAT

Sambas

Editor elgiants Dibaca : 80

670 Cakades Ikut Tes CAT
Tes Cakades – Sejumlah peserta ikut tes Cakades lewat sistem Computer Assisted Test (CAT). Total peserta yang ikut tes mencapai 670 orang. Panitia pelaksana terpaksa membagi pelaksanaan tes menjadi lima sesi.
SAMBAS, SP - Sebanyak 670 calon kepala desa (Cakades) dari 123 desa ikuti tes seleksi sistem Computer Assisted Test (CAT). Dinas Sosial PMD Sambas membagi seleksi menjadi lima sesi, karena banyaknya peserta. Pelaksanaan tes dilakukan di Gedung SMKN 1 Negeri Sambas, Kamis (16/5).

Wakil Bupati Sambas, Hairiah berharap seleksi berjalan dengan lancar secara sarana, fisik dan psikologis Cakades yang ikut seleksi.

"Sebelumnya tentu sudah mendapat asistensi dari dinas tentang mekanisme dan teknis mengikuti tes CAT," kata Hairiyah.
Bagi peserta tes yang tidak lulus, Hairiah meminta mereka untuk dapat menerima hasilnya. 

"Kalau tidak lulus harus menerima dengan iklas, karena tim panitia sangat profesional untuk menilai kemampuan," jelasnya.

Keterpilihan sebagai kepala desa, disampaikan Hairiah dinilai dari proses manawarkan visi- misi kepada masyarakat dan bisa menjabarkan pembangunan.  Jejak rekam Cakades juga berperan untuk bisa terpilih.

Hairiah berharap, pemilihan kepala desa mengedepankan kejujuran dan tidak ada manipulasi. Ia ingin pembangunan desa dilakukan dari aparatur yang jujur.

“Dengan demikian dapat mengeliminir komplain dan potensi konflik antar  pendukung. Saya juga berharap jika ada perselisihan diselesaikan dengan mekanisme yang ada," imbaunya.

Terkait pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang besar, Hairiah berharap dilakukan dengan baik untuk mengentaskan kemiskinan. Seluruh masyarakat desa juga harus dilibatkan dalam pengerjaan pembangunan.

"Mereka yang bekerja dan mendapat hasil sehingga ekonomi di desa berputar. Kemudian Badan Usaha Milik Desa (BumDes) harus dibuat untuk mengelola sumber daya alam atau membuat inovasi yang bisa dimasukkan dalam operasional BumDes," pintanya.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Sosial PMD Sambas, Edi  mengungkapkan , animo masyarakat mengikuti Pilkades sangat tinggi.

"Peserta yang mendaftar 670 orang, bahkan ada 14 orang yang mendaftar Cakades di satu desa," ungkapnya.

Secara umum, Edi menyebutkan pelaksanaan tes berjalan lancar. Namun karena sistem yang CAT merupakan pertama kali dipakai, masih ada beberapa perbaikan yang akan dilakukan.

“Namun dengan cara ini sangat dimudahkan dan transparan, serta menjamin kecepatan hasil dan memberikan kepuasan,” ungkapnya. (noi/jee)